Selamat! Juara 1 Duta Baca Kabupaten Cirebon 2024 dari IPB Cirebon

Selamat! Juara 1 Duta Baca Kabupaten Cirebon 2024 dari IPB Cirebon

Maritza Putri Nadia Juara 1 Duta Baca Kabupaten Cirebon 2024-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Prestasi membanggakan kembali diraih mahasiswi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon (IPB Cirebon). Maritza Putri Nadia, terpilih menjadi Duta Baca Kabupaten Cirebon tahun 2024.

Mahasiswi semester 5 tersebut dinobatkan sebagai Duta Baca Kabupaten Cirebon 2024 setelah terpilih sebagai Juara 1 dalam Grand Final Pemilihan Duta Baca Kabupaten Cirebon yang berlangsung di Asrama Haji Watubelah Selasa (22/11/2023) lalu. Maritza berhasil mengungguli sejumlah peserta lainnya, yang terdiri dari para pelajar dan mahasiswa dari seluruh wilayah di Kabupaten Cirebon.

Dengan mengikuti ajang tersebut, Maritza mengaku termotivasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat melalui pendekatan konten litetasi dan edukasi di media sosial, khususnya Instagram. Melalui Instagram, ia aktif memberikan sejumlah tips, mulai dari bagaimana mulai membaca hingga bagaimana membuat review buku.

"Harapannya masyarakat mulai tertarik nih, mungkin awalnya membaca melalui feeds atau reels instagram nanti kita juga akan membuka lapak-lapak membaca gratis di tempat-tempat umum," ungkap Maritza.

BACA JUGA:Jadi Pembicara di Forum Kesehatan Dunia, Pj Sekda Sumedang Tuti Ruswati Sampaikan Hal Ini

BACA JUGA:Mohon Perhatian! Tambah Daya Cuman Rp271.023. Gini Caranya!

Selain itu, dirinya juga bertekad untuk menghadirkan budaya literasi kepada masyarakat. Sebagaimana yang dilakukan IPB Cirebon yang telah melakukan MoU dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI melalui sejumlah program pengembangan perpustakaan dan digitalisasi.

"Kita berharap bahwa perpustakaan tidak hanya untuk membaca buku, tapi juga menghadirkan diskusi-diskusi buku. Dengan kegiatan diskusi buku ini, yang tidak suka membaca bisa mengetahui isi buku, tanpa harus membaca buku," Katanya.

Pemilihan Duta Baca Kabupaten Cirebon 2024 digelar oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon dengan mengambil tema "Transformasi Perpustaakaan Berbasis Digital Menuju Masyarakat Cirebon Berliterasi. Seluruh peserta harus melewati beberapa tahap. Mulai dari seleksi administrasi, wawancara hingga tes tertulis untuk kemudian diambil 22 besar. Selanjutnya, peserta yang lolos 22 besar mendapatkan pembekalan dan pelatihan, sebelum dilaksanakannya babak grand final.

Sebagai Duta Baca Kabupaten Cirebon 2024, ia akan mengkampanyekan budaya literasi kepada masyarakat, khususnya pelajar di Kabupaten Cirebon. Selain itu, ia juga akan menjadi wakil Kabupaten Cirebon dalam Pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2024 mendatang. (awr/opl)

BACA JUGA:2 Alasan Pemekaran Cirebon Timur Gagal Sejak Bupati Dedi, Versi Dewan Pakar FCTM

BACA JUGA:Pemekaran Cirebon Timur: Rapim DRPD Batal, Jimus Menyinggung Kata-kata 'Tidak Jelas'

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: