Angka Pengangguran dan Kemiskinan di Sumedang Turun Cukup Drastis

Angka Pengangguran dan Kemiskinan di Sumedang Turun Cukup Drastis

Penjabat Bupati Sumedang, Herman Suryatman menyapa warga. --

Angka Pengangguran dan Kemiskinan di Sumedang Turun Cukup Drastis

RADARCIREBON.COM - Angka pengangguran di Kabupaten Sumedang pada 2023 turun drastis demikian juga dengan angka kemiskinan.

Angka Pengangguran Terbuka (TPT) Sumedang mengalami penurunan dari 7,72 % tahun 2022 menjadi 6,94 % tahun 2023 atau berada dibawah rata-rata Provinsi Jawa Barat sebesar 7,44 %.

"Alhamdulillah, angka pengangguran Sumedang tahun 2023 berdasarkan publish dari BPS, menurun tajam menjadi 6,94 %. Tahun sebelumnya 7,72 %. Tahun ini kita bisa turunkan 0,78 %. Penurunan yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan kab/kota lainnya," ucap Penjabat Bupati Sumedang, Herman Suryatman di Sumedang. Sabtu (25/11).

Demikian juga dengan angka kemiskinan. Pada tahun 2022, angka kemiskinan Kabupaten Sumedang masih dua digit, yakni 10,14 %.

BACA JUGA:Detik-Detik Pembunuhan di Dukupuntang, Adik Korban: Pelaku Mantan Suami Siri

BACA JUGA:Cara Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan ke Bank Mandiri, Bisa Dilakukan dari Rumah

Pada tahun 2023 mengalami penurunan yang cukup tinggi sebesar 0,78 %, menjadi satu digit sebesar 9,36 %. 

"Sebuah pencapaian yang membanggakan. Angka pengangguran dan angka kemiskinan Sumedang tahun 2023 mengalami penurunan masing-masing 0,78 %. Kita syukuri tapi harus ditafakuri juga. Jangan lengah, tahun depan harus kita genjot agar penurunannya bisa menembus 1 % lebih," tegas Herman.

Dikatakan Penjabat Bupati, pencapaian tersebut tidak lepas dari dukungan semua komponen daerah, baik Forkopimda, DPRD Kabupaten Sumedang dan Pemerintah Desa, maupun dunia usaha, dunia industri dan partisipasi warga masyarakat.

Selanjutnya dijelaskan bahwa, tugas utama pemerintahan adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:Genius, Edukasi Gizi Siswa dan Orang Tua Cegah Stunting, Amanda Soemedi Monitoring di SDN Tunggakjati

"Bagi Kami ini pertaruhan. Tugas pokok Pemerintah Daerah mensejahterakan masyarakat. Karena itu, salah satu prioritas kerja Kami saat ini dan tahun 2024 adalah menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan," ungkapnya.

Sumedang terus berbenah dan melakukan perbaikan terus menerus (continuous improvement) dalam menekan angka pengangguran dan kemiskinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: