FEB UGJ Gelar Baksos di Ponpes Kampung Quran Cirebon

FEB UGJ Gelar Baksos di Ponpes Kampung Quran Cirebon

BAKSOS. Mahasiswa FEB UGJ menggelar baksos di lingkungan Ponpes Kampung Quran P Grenjeng Kecamatan Harjamukti, Minggu (3/12)-Abdullah -radarcirebon

 CIREBON, RADARCIREBON.COM -Aksi sosial digelar Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas Swadaya Gunung Jati (FEB UGJ) Cirebon, minggu (3/12) menggelar Bhakti sosial dengan membagikan Sembako kepada warga Kampung Quran Cirebon di Grenjeng Kecamatan Harjamukti.

Pengasuh Ponpes Kampung Quran Cirebon, DR H Mae Dedu Lc SH ME.Sy mengapresiasi FEB UGJ menggelar Baksos di wilayah Ponpes Kampung Quran Cirebon.

Apalagi acara ini ternyata digelar rutin dan ltahun ini di grenjeng tepatnya kampung Quran Cirebon dan Panti Asuhan Ashabul Kahfi.

Mae Dedu menjelaskan, 100 paket sembako untuk warga grenjeng di RT 04 RW 06 P Grenjeng. Baksos ini, lanjut Mae Dedu, dikemas dalam bentuk pesantren Mabit (menginap) dua hari satu malam.

BACA JUGA: Mengenang Tujuh Pejuang Gugur di Gedung Sate, Bey Machmudin Pimpin Upacara Hari Bakti PU

Kegiatannya diisi penguatan nilai keislaman serta penguatan ahlakul karimah. Termasuk murojaah Al quran, kajian kitab kuning, praktek fiqih sholat dan motivasi. “Selain itu diisi olah raga, senam dan hiking menyusuri sungai Suba sekitar grenjeng,” ujarnya.

Alumnus Universitas Al Azhar Kairo Mesir ini memberkan, Kampung Quran berdiri tanggal 16 Mei 2020.

Pesantren ini fokus pada hafalan Al quran, kajian kitab kuning, bahasa Arab dan Inggris dan life skill, "saat ini jumlah santri sebanyak 35 orang,3 diantaranya warga negara Thailand," katanya.

Wadek 1 FEB UGJ, Moh Yudi Mahadianto SE MM MPM CAP, menjelaskan Bakti Sosial Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGJ ini melibatkan bersama para Ormawa (organisasi mahasiswa) dan Para Ketua Kelas perwakilan 2 pengurus Tingkat 1 Prodi Akuntansi dan Manajemen.

BACA JUGA: 3 Hari Ada Dentuman Misterius di Kapetakan Cirebon, Ternyata Gempa Bumi

Menurut Yudi. Baksos digelar Di Pesantren Kampung Qur'an dan panti asuhan Ashabul Kahfi. Tujuannya meningkatkan pengetahuan dan jiwa empati bagi majasiswa FEB UGJ terhadap sekitar melalui kegiatan baksos. 

Selama dua hari satu malam, kata Yudi, siswa mengikuti Malam Bina Iman dam Taqwa (Mabit) di pesantren kampung Qur'an Cirebon. “Harapannya Pemantapan akhlak dan nilai ke islaman mahasiswa FEB UGJ,” terangnya.

Ketua Pelaksana, Gaung Al Faris mengatakan, kegiatan digelar sejak Sabtu siang hingga minggu. Diawali dari Mulai sholat berjamaah, murojaah, makan bersama, mabit, sholat tahajud, sholat subuh berjamaah, sholat fiqih dan ahlak. Paginya senam, hiking dan baksos keliling masyarakat sekitar membagikan sembako ke pesantren ashabul Kahfi dan Ditutup dengan penyerahan donasi.

Dirinya menjelaskan Ada mabit dan merasa senang, karena siswa baru diajak bersama dan saling akrab. “Total peserta 70 mahasiswa,” bebernya. Dekan FEB, DR Acep Komara MSI mengapresiasi kegiatan mahasiswa FEB, karena ini merupakan kegiatan baksos yang secara rutin diadakan Fakultas FEB bersama mahasiswa, lokasinya berbeda lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: