Peringati HKN Ke-59, Dinas Kesehatan Fokus Tingkatkan Mutu Kesehatan

Peringati HKN Ke-59, Dinas Kesehatan Fokus Tingkatkan Mutu Kesehatan

SEMARAK HKN: Pemkab Cirebon melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon mengadakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59-Andri Wiguna-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Pelaksanaan peringatan rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Kabupaten Cirebon digelar berbeda tahun ini.

Di tahun ini, peringatan HKN digelar dengan melibatkan semua unsur. Hal ini dilakukan agar hasil dari kegiatan yang didapat bisa optimal.

Ada beberapa kegiatan yang digelar dalam rangkaian HKN ke -59 di Kabupaten Cirebon. Pertama, kegiatan aksi bergizi secara serentak di 60 sekolah. Kegiatan ini diisi dengan acara senam bersama, sarapan sehat bersama, minum tablet tambah darah bagi remaja putri dan skrining penyakit tidak menular serta pemeriksaan HB 2.

Kegiatan selanjutnya, Gebyar Germas yang dipusatkan di 9 lokasi, dimana kegiatannya dimulai dengan senam bersama, sarapan bersama dengan makan protein hewani, skrining penyakit tidak menular, makan buah bersama dan edukasi ibu hamil.

BACA JUGA:Truk Kontainer Tabrak Median Jalan di Klangenan, Supaya Tidak Terguling Ditahan Truk Kontainer Lain

BACA JUGA: Soal Keluhan Panti ODGJ di Cilacap, Begini Respons Pemprov Jabar

Di HKN kali ini juga, Dinas Kesehatan berupaya untuk terus menekan angka kematian pada ibu dan bayi. Oleh karena itu, salah satu kegiatan yang digelar yakni Gebyar Ibu Hamil Sehat.

“Dalam kegiatan ini kita berikan tablet tambah darah, deklarasi ibu hamil sehat, edukasi ibu hamil dan pemeriksaan kehamilan. Kita ingin terus menekan angka kematian ibu dan bayi sehingga harus ditangani dan dimonitor kondisinya sejak kehamilan,” ujar Kepala Dinas Kesahatan Kabupateb Cirebon, dr Hj Neneng Hasanah MM, beberapa waktu lalu.

Dinas Kesehatan, kata Hj Neneng, juga melaksanakan kegiatan open defecation free yang dilaksanakan di tiga kecamatan yakni Dukupuntang, Mundu dan Kecamatan Ciledug. “Deklarasi ODF ini kita lakukan agar semua pihak tergerak untuk terlibat dalam hal menciptkaa lingkungan yang sehat dan berkualitas,” imbuhnya.

Yang tak kalah penting, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Korpri  Kabupaten Cirebon juga menggelar lomba penanganan stunting yang diikuti oleh seluruh kecamatan di Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA:Kampanye Perdana, Dini Amalia Pilih Blusukan di RT 04 RW 04 Kampung Sitimulya

BACA JUGA:Prabowo Berkunjung ke Miftahul Huda, Ini Kata Uu Ruzhanul Ulum

“Dalam lomba penanganan stunting, paramater dan penilaian kita lakukan bersama Korpri, juara pertamanya Kecamatan Plumbon, disusul Mundu lalu Kecamatan Jamblang, Astanajapura, Greged dan juara ke enam Kecamatan Weru,” bebernya.

Puncak acaranya, Pemkab Cirebon menggelar upacara HKN ke-59 di halaman Kantor Setda Kabupaten Cirebon yang diikuti oleh Forkopimda, lintas sektoral, dinas kesehatan serta perwakilan seluruh puskesmas di Kabupaten Cirebon.
Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelar upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tingkat Kabupaten Cirebon di halaman Kantor Bupati Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: