Fery Farhati Keluarga Harus Jadi Basis Pembangunan di Indonesia

Fery Farhati Keluarga Harus Jadi Basis Pembangunan di Indonesia

Fery Farhati, Mutiara Anies, dan Netty Prasetiyani saat berkunjung ke Graha pena Radar Cirebon-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

RADARCIREBON.COM - Kesehatan mental remaja menjadi tantangan bahkan ancaman pada pembangunan kesehatan Indonesia saat ini.

Kesehatan jiwa atau mental menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam pembangunan Indonesia. Hal ini menjadi bahsan yang menarik Fery Farhati, Mutiara Anies, dan Netty Prasetiyani saat berbincang di Graha Pena Radar Cirebon, Rabu (6/12).

Anggota DPR RI dari PKS, Dr Hj Netty Prasetiyani Heryawan MSi menuturkan masalah kesehatan mental pada anak dan remaja kini kian menjadi trend.

Sejak pandemi 2020 - 2021 angka permasalahan kesehatan mental terus meningkat, khususnya pada anak di bawah 15 tahun melonjak setidaknya 6,1%.

BACA JUGA:Langkah PD Pembangunan yang satu ini Diapresiasi Elemen Masyarakat

Bahkan untuk anak di bawah 15-17 tahun angkanya jauh lebih tinggi lagi. Hal ini terjadi karena anak merasa memiliki banyak tuntutan, dari penampilan, bahkan badan idela, dan lainnya.

Selain mendapatkan tekanan dari orangtua, mereka juga mendapatkan tekanan dari lingkungan luar. "Sementara merwka tidak memiliki parenting dengan konsep yang utuh, maka banyak gen Z yang akhirnya terjebak pada masalah mental," ungkapnya.

Netty bersama anggota DPR RI lainnya pun melihat permasalahan mental ini bisa diatasi dari keluarga.

Pasalnya keluarga menjadi tempat berkumpul, berinteraksi, dan saling memberdayakan satu sama lain. Sudah semestinya pemerintah menjadikan keluarga sebagai basis pembangunan.

BACA JUGA:Sambangi Cirebon, Fery Farhati, Mutiara Anies, dan Netty Prasetiyani Ungkap Kota Ini Penuh dengan Potensi

Saat ini program pembangunan pemberdayaan keluarga hanya bergantung pada pengentasan stunting 1000 hari pertama kehidupan. Padahal perlu diketahui bahsa selain 1000 hari pertama kehidupan, pendidikan usia dini juga bermula di keluarga.

Sehingga pemerintah sudah sepatutunya memfokuskan pada pembangunan keluarga. "Sampai saat ini belum ada program yang menjadikan keluarga sebagai basis pembangunan secara berkelanjutan," terangnya. 

Di samping itu, Istri Anies Baswedan, Fery Farhati mengungkapkan tumbuh kembang anak saat ini dengan masanya memang sangatlah berbeda.

Fery yang dibesarkan di Kuningan Jawa Barat ini mengungkapkan saat ini anak-anak tumbuh dan berkembang dengan banjirnya informasi dari berbagai sumber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: