Program PMP Universitas CIC Meningkatkan Usaha Parfum di Mundu

Program PMP Universitas CIC Meningkatkan Usaha Parfum di Mundu

Universitas CIC melaksanakan program Pengabdian Masyarakat Pemula atau PMP dengan mitra UMKM di Mundu, Kabupaten Cirebon. --

RADARCIREBON.COM - Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui skema Pemberdayaan Masyarakat Pemula atau PMP. 

Program ini dilaksanakan di tahun 2023. Tujuannyauntuk menggalang kerja sama antara perguruan tinggi serta mitra usaha untuk memberdayakan potensi ekonomi dan non-ekonomi di masyarakat. 

Dijielaskan bahwa, kegiatan tersebut dilaksanakan atas bantuan pendanaan dari Kemendikbudristek, khususnya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi. 

Kegiatan ini terlaksana berdasarkan kontrak No.003/SP2H/PPM/B2/LL4/2023, tentang pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat Tahap 2.

BACA JUGA:Leluhur Orang Indonesia Menguasai Teknologi Canggih? Lihat Bukti dari Pembangunan Situs Gunung Padang

Tim PKM PMP UCIC terdiri dari tiga dosen lintas keilmuan, yaitu Marsani dengan keahlian komputer dan sistem informasi, Amroni dengan keahlian Manajemen, serta Agung Supriyadi dengan keahlian Akuntansi. 

Kegiatan ini pun melibatkan tiga mahasiswa lintas program studi yaitu, Felicia Chandra (Program Studi Manajemen), Fitri Ussaefa (Program Studi Akuntansi) dan Zahrina Nurupuriani (Program Studi Sistem Informasi).

Sementara itu, yang menjadi sasaran dari program ini adalah UMKM 'Fiar Store'. Yaitu, sebuah usaha rumahan yang menjual produk parfum secara daring. 

UMKM ini berlokasi di Desa Banjarwangunan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Telah aktif dalam kegiatan penjualan online sejak tahun 2020. 

Dalam sejumlah kunjungannya ke mitra usaha yakni pelaku UMKM, tim dari UCIC melakukan sosialisasi dan pendampingan. Terutama untuk memberikan solusi manajemen dan meningkatkan penjualan. Antara lain melalui aplikasi MyPMP. 

Aplikasi ini merupakan solusi manajemen yang mencakup penjualan, retur, dan pencatatan keluhan terkait status penjualan. 

BACA JUGA:Bukan Raksasa atau Alien, Berusia 7.200 Tahun, Lantas Siapa yang Membangun Situs Gunung Padang?

Pengembangan aplikasi MyPMP merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di Program Studi Sistem Informasi.

Kegiatan sosialisasi dilakukan di dua lokasi, yakni di Kampus UCIC dan di tempat mitra. Sosialisasi perdana di Kampus UCIC berlangsung pada tanggal 20 Oktober 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: