Fakta Menarik soal Situs Gunung Padang di Cianjur, Ternyata Dibangun Oleh…

Fakta Menarik soal Situs Gunung Padang di Cianjur, Ternyata Dibangun Oleh…

Situs Gunung Padang di Cianjur diyakini lebih tua dari Piramida Mesir. Foto:-gnpadang.com-

RADARCIREBON.COM – Situs Gunung Padang yang berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat saat ini sedang menjadi primadona, baik dalam hal penelitian arkeologi dan wisata edukasi.

Sebab, setelah digali lebih dalam, ternyata usia situs Gunung Padang jauh lebih tua dari peradaban Mesopotamia dan mesir.

“7.20 tahun lebih tua dari situs Piramida Mesir, dan masih ada struktur lagi di bawahnya yang kemungkinan usianya lebih tua, 14.000 tahun yang lalu. Artinya tiga kali lebih tua dari piramida Mesir,” ujar Ali Akbar, Doktor Arkeologi Universitas Indonesia, dalam channel Youtube pribadinya.

BACA JUGA:Libur Nataru 2023-2024, BMKG Himbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem

BACA JUGA:Persib Bandung Merubah Hari Jadinya, Bapak di Tasimalaya Kebingungan

Dengan usianya yang jauh lebih tua, Situs Gunung Padang menimbulkan spekualsi dan teori menarik tentang peradaban kuno dan pengetahuan saat itu jauh lebih maju daripada yang selama ini dipahami.

“Gunung Padang dibuat dengan struktur yang rumit yang mengejutkan bagi saya sendiri sebagai peneliti di sana.”

“Gunung Padang awalnya Bukit alami, lalu dipangkas ditutup dengan batu-batu dan jadilah sebagai struktur buatan manusia.”

“Struktur yang paling muda yang tampak di permukaan tanah saat ini itu batu-batunya dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi piramida tangga atau Stepped piramid ya dan di bawahnya masih ada piramida lagi yang lebih tua,” beber Ali.

Bahkan, lanjut Ali menjelaskan, bahwa ada juga indikasi secara geologi dan geofisika masih terdapat dua lapisan lagi yang lebih tua dari masa yang berbeda.

BACA JUGA:Gugatan UU Pilkada Diterima, Imron - Ayu Tetap Menjabat Sampai Mei 2024 Mendatang

Selain itu, meski dibangun dahulu kala, Situs Gunung Padang dibangun dengan teknologi dan konstruksi yang canggih.

Ketepatan dan metode penumpukan lapisan ini menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang teknik konstruksi dan arsitektur kuno.

“Batu disusun rapi, teliti, presisi dan sangat hati-hati oleh tangan manusia. Ini juga menandakan bahwa material dan tekniknya bisa bertahan lama itu luar biasa, termasuk bisa bertahan terhadap gempa bumi,” ujarnya.

Kemudian muncul sebuah pertanyaan, siapa yang membuat situs Gunung Padang? Ali menjawab bahwa dari hasil penelitiannya, ternyata terdapat lapisan budaya berusia 5.200 tahun sebelum masehi atau 7.200 tahun yang lalu.

BACA JUGA:Shin Tae-yong Ditargetkan Lolos 16 Besar Piala Asia 2023 Qatar

“Fisik manusianya sudah seperti kita sebenarnya, tapi dia jauh lebih tua. Jauh lebih tua dari orang-orang Melayu jauh lebih tua dari orang-orang Austronesia yang selama ini kita sebut-sebut sebagai nenek moyang kita,” jelas Ali.

Selain kaya akan ilmu pengetahuan, situs Gunung Padang pun diselimuti banyak mitos. Ada yang bilang situs Gunung Padang merupakan bagian dari peradaban Atlantis yang hilang.

Kemudian, situs Gunung Padang memiliki kekuatan mistis dan energi metafisis. Lalu, situs Gunung Padang dibangun oleh raksasa.

Situs ini dibuat oleh makhluk luar angkasa dan yang enggak kalah heboh ada portal ke dunia lain di situ.

BACA JUGA:Tabrakan Beruntun di Cianjur Terulang, Sama-sama Truk Muatan Air, Korban Pengemudi Sepeda Motor

“Oke faktanya apa? saya jawab satu saja. Tim kami telah melakukan serangkaian survei dan ekskavasi arkeologi berdasarkan ukuran tangga naik, ukuran bagian-bagian situs lantainya, terasnya, ternyata pembuat dan pengguna situs ini memiliki ukuran tubuh relatif sama dengan kita,” ungkap Ali. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase