Agar Liburan Akhir Tahun Tidak Rugi Secara Finansial, Berikut 4 Langkah Antisipasinya

Agar Liburan Akhir Tahun Tidak Rugi Secara Finansial, Berikut 4 Langkah Antisipasinya

Wisata di Ciwidey, Kabupaten Bandung yang cocok untuk liburan akhir tahun.-Istimewa-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Akhir tahun adalah momen yang tepat untuk melakukan aktivitas liburan.

Selain banyak penawaran menarik, entah itu diskon hotel ataupun tiket perjalanan, momentum hari libur nasional bisa dijadikan sarana agar bisa berkumpul dengan keluarga.

Namun, liburan akhir tahun akan lebih menyenangkan apabila dibarengi dengan perencanaan keuangan yang matang.

Sebab, apabila perencanaan keuangan tidak matang, kegembiraan liburan bisa berakhir dengan kemalangan finansial.

BACA JUGA:Efek El Nino, BMKG: Turunkan Intensitas Hujan Sepanjang 2023

Jadi, agar jangan sampai liburan akhir tahun menjadi pemicu keuangan terganggu di tahun selanjutnya, berikut beberapa kiat berlibur anti boncos dilansir dari laman Manulife Indonesia, Sabtu 23 Desember 2023.

1. Cek destinasi yang ingin disinggahi

Langkah pertama yang dirasa penting dalam merencanakan liburan adalah menentukan destinasi yang sesuai dengan kondisi keuangan. 

Sebelumnya, lakukan riset mendalam dengan membaca artikel, menonton tinjauan, dan mempelajari segala hal tentang destinasi yang dipilih.

Sebaiknya hindari godaan untuk menghabiskan lebih dari kemampuan dengan mempertimbangkan alternatif yang lebih ekonomis.

BACA JUGA:Pastikan Personilnya Siap Siaga, Kapolresta Cirebon Cek Sejumlah Pos Operasi Lilin Lodaya

Sebagai contoh, jika seseorang menyadari bahwa keadaan keuangannya tidak memungkinkan untuk pergi ke luar negeri, maka jangan tergoda untuk menggunakan metode pembayaran seperti paylater atau cicilan.

Pilihlah destinasi liburan dengan bijak dan sesuai dengan dana yang dimiliki. Seseorang juga dapat mempertimbangkan opsi destinasi yang belum banyak dijelajahi, atau yang sekarang sering dikenal juga sebagai hidden gem.

Kiat ini bisa menyelamatkan seseorang dari liburan di luar anggaran karena biasanya biaya yang diperlukan tidak terlalu tinggi namun kamu tetap bisa menikmati pengalaman baru yang unik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase