Bupati Imron Menjamin PMI Asal Kabupaten Cirebon Dilindungi Pemerintah

Bupati Imron Menjamin PMI Asal Kabupaten Cirebon Dilindungi Pemerintah

Bupati Cirebon Drs H Imron MAg bersama para Pekerja Migran Indonesia.-Diskominfo Kabupaten Cirebon -

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Minat warga Kabupaten Cirebon menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) masih tinggi. 

Kondisi ini, membuat Kabupaten Cirebon menjadi salah satu kantong penyumbang pekerja migran terbesar di Indonesia.

Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg menyebutkan, alasan masih banyak warga yang berminat menjadi PMI, lantaran penghasilan yang didapatkan lebih tinggi dibandingkan bekerja di dalam negeri.

BACA JUGA:Selama 2023, Inilah 6 Program yang Sudah Dilakukan Bawaslu Kota Cirebon

Menurut Imron, warga Kabupaten Cirebon yang bekerja di luar negeri, harus bisa menjaga nama baik Indonesia dan daerahnya.

“Silakan bekerja di luar negeri, tetapi, gaya hidup harus diperhatikan, jangan sampai merubah gaya hidup,” kata Imron saat menghadiri acara peringatan Hari Migran Internasional didampingi Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Cirebon, Novi Hendrianto SSTP MSi di pelataran gedung Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Kota Cirebon, Kamis 28 Desember 2023.

Di balik besarnya remitansi yang dikontribusikan PMI pada pembangunan, ancaman bagi para PMI masih cukup tinggi. Menurut Imron, PMI Kabupaten Cirebon masih dihadapkan pada beberapa kasus. 

BACA JUGA:Kejutan, Pejuang PPP Deklarasikan Dukungan Prabowo-Gibran Menang Pilpres Satu Putaran

Diantaranya kekerasan, penipuan, jeratan hutang, penelantaran anak, perceraian hingga gangguan kejiwaan, yang hingga saat ini belum tertangani secara baik.

“Intinya, para PMI harus mengecek ke Disnaker untuk memperoleh informasi mengenai penyalur resmi. Hal ini dilakukan, agar PMI tetap mendapatkan perlindungan,” tukasnya.

Anggota Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, Nurholis mengatakan, upaya peningkatan perlindungan kepada PMI harus terus dilakukan.

BACA JUGA:Bunyi Sumpah Jay Noah Idzes Saat Menjadi WNI

Bersama pemerintah daerah, kata Nurholis, pihaknya akan meninjau kembali regulasi terkait perlindungan kepada PMI.

"PMI ini harus berjaya di negeri orang, tetapi juga bisa mandiri di negeri sendiri. Mereka jangan bolak-balik ke luar negeri untuk jadi PMI, harusnya berpikir juga bagaimana caranya menjadi usahawan baru," ujar Nurholis. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase