Istilah Sindrom Dobby Viral di TikTok, Ternyata Ini Ciri-cirinya!

Istilah Sindrom Dobby Viral di TikTok, Ternyata Ini Ciri-cirinya!

Istilah sindrom dobby viral di TikTok-Istimewa-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Belakangan ini muncul istilah Sindrom Dobby yang viral di TikTok. Mungkin bagi Anda penggemar Harry Potter, tentu istilah ini tidak asing lagi. 

Pasalnya, dalam film tersebut terdapat ciri khas yang menarik pada salah satu karakternya yang bernama Dobby.

Dobby dalam film Herry Potter, ia adalah seorang peri budak yang akan menghukum dirinya sendiri sebagai bentuk rasa bersalah.

Untuk menyebutkan perilaku yang sama dengan karakter tersebut, Dobby digunakan sebagai istilah psikologi dengan nama Sindrom Dobby atau Dobby Effect.

BACA JUGA: Olahraga Ringan yang Cocok untuk Manula: Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Aktivitas yang Tepat

Sindrom Dobby atau juga dikenal dengan Dobby Effect merupakan istilah yang menggambarkan sebuah perjalanan emosional yang tidak biasa. Pada gilirannya, hal itu akan mempengaruhi kehidupan seseorang secara mendalam.

Kendati tidak sering terdengar seperti gangguan kesehatan mental lainnya, keberadaannya sangat penting untuk diketahui agar bisa memberikan dukungan yang tepat untuk mereka yang gemetar.

Berikut ini ciri-ciri yang dapat diketahui dari seseorang yang menderita Sindrom Dobby .

1. Kesulitan Menerima Diri

Seseorang yang mengalami Sindrom Dobby atau Dobby Effect akan merasa kesulitan menerima dirinya sendiri. Biasanya, mereka akan merasa tidak pantas dan tidak berharga.

BACA JUGA: Dua Tahun Berturut-turut, Darmawan Prasodjo Raih Green Leadership Utama Award

Bahkan, dalam hal asmara mereka juga kerap mengalami kesulitan karena kondisi dirinya yang kerap merasa tidak berharga dan tidak pantas dicintai atau diberi dukungan dari orang lain.

2. Ketergantungan Orang Lain

Ciri lainnya yang dialami oleh seseorang yang mengalami gangguan psikologi Sindrom Dobby adalah ketergantungan terhadap orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: