100 Kuwu Terpilih Pilwu Serentak 2023, Resmi Dilantik Bupati Cirebon

100 Kuwu Terpilih Pilwu Serentak 2023, Resmi Dilantik Bupati Cirebon

Bupati Cirebon resmi melantik 100 kuwu terpilih dalam Pilwu serentak 2023 Kabupaten Cirebon.-Ist-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Sebanyak 100 kuwu atau kepala desa terpilih dalam pemilihan kuwu (Pilwu) 2023, secara resmi dilantik.

Pelantikan dipimpin Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg di Hotel Aston, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Sabtu 30 Desember 2023.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Bupati Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Cirebon.

Dalam sambutannya, Bupati Imron menyampaikan, saat ini pemerintahan desa terus mengalami perubahan yang positif. 

BACA JUGA:8 Rekomendasi Bakso Malang di Cirebon yang Wajib Kamu Coba, Dijamin Ketagihan!

BACA JUGA:Ombudsman RI Temuan Lapangan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Tol Cipali dan Pengelolaan PLTSa di Sejumlah Daerah

BACA JUGA:Istilah Sindrom Dobby Viral di TikTok, Ternyata Ini Ciri-cirinya!

Sehingga, sebutnya, perlu untuk menyesuaikan baik dalam landasan hukum yang melandasi operasional pemerintahan desa, maupun lainnya.

Terlebih, desa telah diberikan kewenangan yang begitu besar, baik kewenangan yang berdasarkan hak asal usul desa maupun kewenangan lokal berskala desa. 

"Maka, sangat diperlukan penyelenggaraan pemerintahan desa yang bersih dan berwibawa, dengan ditopang oleh SDM yang handal dan mengedepankan peran rakyat pada setiap aspek kehidupan," ujar Imron.

Ia juga meminta, agar kuwu dapat merangkul dan bekerja sama serta bersinergi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Hal tersebut guna membahas dan menyepakati berbagai kebijakan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, termasuk dengan lembaga kemasyarakatan lainnya.

"Untuk menampung kehendak rakyat yang beragam, dibutuhkan sikap yang bijaksana, serta kebesaran jiwa dalam menerima keputusan akhir, yang diharuskan tetap memiliki orientasi kepada kepentingan umum, jangan pribadi," jelas Imron. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: