8 Penyebab Muka Berminyak yang Sangat Umum Terjadi Kepada Siapa Pun

8 Penyebab Muka Berminyak yang Sangat Umum Terjadi Kepada Siapa Pun

8 Penyebab Muka Berminyak yang Sangat Umum Terjadi Kepada Siapa Pun-Foto : Ist-

RADARCIREBON.COM Penyebab muka berminyak yang paling sering adalah gaya hidup yang tidak sehat atau perawatan kulit sehari-hari yang tidak sesuai.

Selain itu, masih ada beberapa penyebab lain yang jarang disadari. Dengan mengenali penyebabnya, Anda pun bisa mengatasi kulit muka berminyak dengan tepat.

Minyak alami (sebum) di kulit wajah sebenarnya bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembap dan sehat. Namun, pada beberapa orang, kelenjar minyak di kulit bisa menghasilkan terlalu banyak sebum sehingga membuat kulit muka terasa berminyak.

Muka berminyak sering kali menimbulkan keluhan, seperti kulit terlihat mengilap atau licin meskipun sudah mencuci muka.

Tidak hanya itu, muka berminyak juga rentan berjerawat karena penumpukan minyak dan sel-sel kulit mati di pori-pori. Penyebab muka berminyak bisa karena berbagai hal.

Berbagai Penyebab Muka Berminyak

Sebelum merawat wajah dengan cara yang tepat, ketahui dahulu hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan muka berminyak. Berikut ini adalah beberapa penyebab muka berminyak yang umum terjadi:

1. Faktor genetik

Tipe kulit berminyak biasanya diturunkan dalam keluarga. Jadi, bila orang tua Anda memiliki kelenjar minyak yang terlalu aktif, Anda pun kemungkinan besar juga memiliki tipe kulit yang berminyak.

2. Pori-pori besar

Penyebab muka berminyak juga bisa karena pori-pori yang membesar. Pori-pori bisa meregang karena berbagai faktor, seperti usia, kenaikan berat badan, atau pernah mengalami jerawat. Nah, pori-pori yang lebih besar cenderung menghasilkan lebih banyak minyak.

3. Pubertas

Masa pubertas bisa menjadi penyebab muka berminyak. Pada masa ini, kadar hormon pertumbuhan meningkat dan mencapai puncaknya, sehingga mendorong produksi sebum yang berlebih.

Inilah mengapa remaja yang memasuki masa pubertas biasanya memiliki kulit berminyak dan lebih rentan berjerawat.

BACA JUGA:Malam Tahun Baru 2024 di Kabupaten Cirebon, Pernyataan Kapolresta Bikin Lega

4. Pola makan tinggi gula dan karbohidrat

Sebagian orang mungkin belum banyak yang tahu bahwa penyebab muka berminyak bisa karena kebiasaan makan yang buruk.

Menurut beberapa penelitian, sering mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula dan karbohidrat dapat meningkatkan produksi minyak di kulit.

5. Penggunaan produk perawatan kulit muka yang tidak sesuai

Muka berminyak juga disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Oleh karena itu, periksa kembali dengan teliti produk skincare yang Anda gunakan.

Pilihlah produk yang memang diformulasikan khusus untuk tipe kulit tertentu, misalnya kulit berminyak, kulit kering, atau kulit kombinasi. Produk perawatan kulit ini bisa meliputi pelembap, sunscreen, sabun cuci muka, serum, atau toner.

6. Terlalu sering melakukan eksfoliasi kulit muka

Mencuci muka terlalu sering atau melakukan eksfoliasi muka secara berlebihan bisa menjadi penyebab muka berminyak.

Mengapa bisa begitu? Ketika Anda menerapkan kebiasaan tersebut, kulit muka menjadi terlalu kering dan dehidrasi, sehingga justru mendorong kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Idealnya, mencuci muka sebanyak 2 kali sehari sudah cukup untuk mencegah produksi minyak berlebih di wajah. Selain itu, eksfoliasi muka disarankan hanya 1–3 kali seminggu sesuai dengan kondisi kulit Anda.

7. Jarang menggunakan pelembap dan tabir surya

Memiliki muka berminyak bukan berarti tidak membutuhkan pelembap dan tabir surya (sunscreen). Anggapan bahwa pelembap bisa menyebabkan muka berminyak tidaklah tepat.

Tanpa pelembap dan sunscreen, tipe kulit apa pun akan menjadi kering dan justru menyebabkan lebih banyak produksi minyak.

Kuncinya, Anda perlu memilih jenis pelembap dan sunscreen yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Pelembab dan sunscreen yang berbahan dasar air umumnya cocok untuk wajah yang berminyak.

8. Cuaca yang panas dan lembap

Penyebab muka berminyak juga bisa karena faktor lingkungan. Menurut beberapa riset, produksi keringat dan minyak di kulit cenderung meningkat ketika cuaca sedang panas. Jadi, tidak heran bila beberapa orang cenderung memiliki kulit berminyak jika tinggal di daerah yang panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: