8 Tips Agar Wajan Tidak Lengket dan Membekas Pada Saat ingin Digunakan Kembali

8 Tips Agar Wajan Tidak Lengket dan Membekas Pada Saat ingin Digunakan Kembali

8 Tips Agar Wajan Tidak Lengket dan Membekas Pada Saat ingin Digunakan Kembali-Foto : Ist-

4. Hindari Terlalu Sering Mengaduk

Ketika sedang menggoreng, usahakan untuk tidak terlalu sering mengaduk makanan. Biarkan makanan yang digoreng kering di satu sisi terlebih dahulu sebelum dibalik.

Hal ini membantu membentuk lapisan renyah pada makanan, dan mengurangi kemungkinan makanan menempel atau lengket.

5. Gunakan Wajan Anti Lengket

 

Tips paling mudah agar wajan tak lengket adalah pilih wajan anti lengket untuk menggoreng. Wajan anti lengket berkualita baik, mampu menjaga sifat anti lengketnya lebih lama.

Ini bahkan memudahkanmu menggoreng tanpa membuat lengket bahkan dengan penggunaan minyak yang seminim mungkin. 

6. Jaga Kebersihan Wajan

Setelah digunakan, pastikan untuk membersihkan wajan dengan lembut menggunakan sikat atau spons lembut. Hindari penggunaan bahan pembersih yang keras karena bisa merusak lapisan anti lengket. Kebersihan wajan berpengaruh besar pada lengket tidaknya wajan saat digunakan.

7. Hindari Menggunakan Alat Berbahan Logam

 

Hindari menggunakan alat-alat berbahan logam yang keras untuk menggoreng. Seperti spatula logam, yang bisa merusak lapisan anti lengket pada wajan.

Gunakanlah alat-alat berbahan plastik atau kayu untuk menggoreng. Ini bersifat lebih ramah ke wajan. Tapi, jika kamu menggunakan wajan aluminium, kamu bisa menyesuaikan hal ini. 

8. Perhatikan Suhu saat Memasak

Beberapa makanan memerlukan suhu yang berbeda saat dimasak. Pastikan untuk menyesuaikan suhu penggorengan agar sesuai dengan jenis makanan yang akan dimasak matang sempurna tanpa membuat wajan lengket. Suhu juga harus disesuaikan dengan banyak sedikitnya minyak yang digunakan untuk menggoreng. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: