Sekda Tinjau Pemeliharaan Rumput Stadion Watubelah

Sekda Tinjau Pemeliharaan Rumput Stadion Watubelah

Sekda Kabupaten Cirebon Dr H Hilmy Rivai MPd meninjau pemeliharaan rumput Zoysia Japonica di Stadion Watubelah, Rabu (10/1).-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

SUMBER, RADARCIREBON.COM -Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Dr H Hilmy Rivai MPd meninjau pemeliharaan rumput Zoysia Japonica di Stadion Watubelah, Kecamatan Sumber, Rabu (10/1).

Pasalnya, rumput yang sudah ditanam pada awal November 2023, saat ini dalam pemeliharaan ahli rumput yang telah berpengelaman. Rekam jejak ahli rumput itu, sudah pernah melakukan pemeliharaan di Stadion Mahanan Solo, I Wayan Dipta Bali, dan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Kepada awak media, Hilmy Rivai mengaku, sudah sering memantau perkembangan pembangunan lanjutan GOR Watubelah. Bahkan, kunjungan itu dilakukan setiap bulan. “Ini untuk kesekian kalinya saya kesini, rutin kontrol. Bulan depan juga nanti kita kontrol lagi,” ujar Hilmy.

Menurut Hilmy, progres pertumbuhan rumput di lapangan tersebut cukup bagus. Namun, Ia memastikan lapangan Stadion Watubelah bisa digunakan pada bulan Mei 2024 nanti. “Saya berharap sebelum akhir maja jabatan (AMJ) Pak Bupati nanti, lapangan sudah bisa digunakan,”  katanya.

BACA JUGA:HUT ke-51 DPC PDIP Kabupaten Cirebon, Targetkan Menang di Pileg dan Pilpres 2024

BACA JUGA:Kemenag Rilis Daftar Nama Jamaah Haji yang Berangkat ke Tanah Suci 2024 Ini, Cek di Aplikasi Pusaka

Disinggung soal besaran anggaran yang dibutuhkan untuk menuntaskan pembangunan Stadion Watubelah, menurutnya, Pemkab Cirebon sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jabar dan Kemenpora RI, dimana estimasi anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp250 miliar. “Kemenpora sudah merespon, bahkan Kemenpora ingin ada sharing anggaran dengan provinsi dan daerah juga,” tandasnya.

Namun, Pemkab Cirebon sendiri, dipastikan tidak akan menganggarkan lanjutan pembangunannya untuk awal tahun 2024.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon, Ikin Asikin, menyampaikan, tidak adanya anggaran untuk 2024 tersebut mengingat hingga Juni masih dalam pemeliharaan.

Ia berharap, setelah selesai masa pemeliharaan nanti, akan ada pihak ketiga yang mau bekerjasama melanjutkan pembangunan stadion tersebut. Sehingga, Pemkab Cirebon tidak perlu mengeluarkan anggaran lagi.
“Sekarang sedang berusaha mengajukan permohonan audit ke tim ahli bangunan, kita ajukan ke Ganesa ITB,” papar Ikin.

BACA JUGA:Selamat, Indonesia Tambah Satu Tiket Olimpiade Paris 2024 dari Cabor Menembak

BACA JUGA:Termasuk Kertajati, Berikut Daftar Biaya Perjalanan Ibadah Haji 2024 Per Embarkasi

Tim tersebut, kata Ikin, yang akan melakukan audit untuk mengetahui kondisi bangunan stadion tersebut layak dilanjutkan atau tidak. Kalaupun hasil audit nanti ada beberapa bagian gedung atau bangunan yang dinyatakan tidak layak dilanjutkan pembangunannya, Ikin memastikan tetap akan ada solusinya.

“Kalau tidak layak, nanti yang tidak layak ada rekomendasinya dari tim ahli, tapi tetap ada solusinya. Karena ini sudah lebih dari 12 tahun ditinggalkan, barangkali ada korosi besi,” pungkasnya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: