8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Kulit Anda Berjerawat

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Kulit Anda Berjerawat

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Kulit Anda Berjerawat-Foto : Ist-

RADARCIREBON.COM Ada beberapa makanan yang harus dihindari saat berjerawat. Makanan ini diduga bisa menyebabkan peradangan atau memengaruhi hormon tertentu yang bisa berdampak pada memburuknya kondisi berjerawat. Penasaran apa saja jenis makanannya? Baca artikel ini sampai tuntas, yuk!

Mungkin kamu sudah sering mendengar anjuran untuk tidak mengonsumsi gorengan, susu, atau kacang, karena bisa menyebabkan jerawat. Faktanya, makanan ini bukanlah penyebab utama kulit berjerawat, lho.

Jerawat dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk gaya hidup, riwayat keluarga, atau perubahan hormon. Namun, pola makan yang tidak sehat juga bisa membuat jerawat lebih sering muncul atau lebih susah hilang.

Jadi, ketika sedang berjerawat dan tidak ingin kondisi ini semakin parah, kamu perlu mengenal makanan yang harus dihindari saat berjerawat.

Ragam Makanan yang Harus Dihindari Saat Berjerawat

Berbagai jenis makanan, terutama makanan yang mengandung karbohidrat olahan, banyak gula, atau jenis lemak tertentu, perlu kamu hindari saat sedang berjerawat.

Soalnya, jenis makanan dengan kadar indeks glikemik tinggi ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin, yang membuat hormon androgen menjadi lebih aktif.

Jika hormon androgen lebih aktif, produksi sebum di kulit akan meningkat dan memperparah kondisi kulit berjerawat.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari saat berjerawat:

1. Roti putih

Roti putih tergolong sebagai karbohidrat olahan yang cepat menaikkan kadar gula darah dan insulin. Makanya, konsumsi roti putih saat kulit sedang berjerawat disebut-sebut bisa memperburuk kondisinya.

Kalau kamu tetap ingin makan roti, sebaiknya pilih roti gandum yang kadar indeks glikemiknya lebih rendah, ya. Kamu juga bisa memilih roti dengan kadar gula rendah atau tidak ditambah terlalu banyak pemanis, termasuk selai atau susu kental manis.

2. Nasi putih

Sama seperti roti putih, nasi putih juga merupakan karbohidrat olahan karena rendah serat pangan. Inilah mengapa konsumsi nasi putih bisa meningkatkan kadar gula darah dan memperparah kondisi kulit berjerawat, apalagi jika dikonsumsi berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: