Pasca Viral Mie Gacoan Ada Belatungnya, DKPP Kota Cirebon Langsung Sidak, Tapi Gagal

Pasca Viral Mie Gacoan Ada Belatungnya, DKPP Kota Cirebon Langsung Sidak, Tapi Gagal

DKPPP saat melakukan sidak ke Mie Gacoan Cirebon yang berada di Jalan Brigjen Dharsono, Selasa (16/1).-SENO -RADAR CIREBON

RADARCIREBON.COM - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon gagal melakukan sidak pada restaurant Mie Gacoan yang berada di Jalan Brigjen Dharsono, Selasa, 16 Januari 2024.

Pihak perwakilan restaurant Mie Gacoan meminta penjadwalan ulang terkait peninjauan pengolahan makan.

Tim DKPP dijanjikan mendapatkan penjadwalan ulang demi memastikan keamanan rantai pasokan makanan yang dijual.

Kepala Bidang Kerawanan dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon, Toto Suharto menuturkan sidak dilakukan sebagai respons terhadap pemberitaan yang ramai saat ini.

BACA JUGA:Makin Dekat dengan Pelanggan, Dulux Experience Store Hadir di Cirebon, Ada di Toko Berlian Alam Tegalgubug

Di mana sebuah video menunjukkan makanan yang disajikan oleh Mie Gacoan Cabang Cirebon terpapar belatung.

"Kami menjalankan tugas dan fungsi sebagai pengawas pangan segar dari tumuhan, hewan, dan ikan. Sehingga hendak melihat langsung proses penyimpanan bahan baku makanan yang ada di Mie Gacoan," kata Toto Suharto, kepada radarcirebon.com.

Peninjauan pun tidak bisa dilakukan di hari tersebut karena manager operasional yang ditemui tidak memiliki kewenangan untuk memberikan klarifikasi dan inspeksi terkait penyimpanan.

Untuk itu tim legal Mie Gacoan akan memberikan waktu dan menjadwalkan kembali pertemuan tersebut. "Akan kami jadwalkan ulang sesuai permintaan dari tim legal," jelasnya.

BACA JUGA:Viral Mie Gacoan Cirebon: Kasus Mie Belatung Selesai, Begini Penjelasan Polisi

Adapun inspeksi dan peninjauan nantinya akan melihat terkait rantai pasokan makanan, dari mana bahan baku didapatkan, dan penyimpanan bahan makanan terutama daging ayam.

Pihaknya akan meninjau bagaimana produksi dan proses pembuatan bahan baku mie gacoan untuk memastikan makanan yang disajikan ke masyarakat benar-benar aman.

"Sejauh ini atas penyamapain dari tim Legal Mie Gacoan, kejadian seperti ini baru terjadi di Cirebon dan tidak dapat dihindari. Kami menghimbau masyarakat juga lebih barhati-hati untuk selalu memeriksa kondisi makanan apapun saat hendak mengonsumsinya," tandasnya.

Sementara itu, Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kota Cirebon, Henry Napitupulu menuturkan pihaknya bertugas mendampingi DKPPP Kota Cirebon untuk melakukan inspeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: