Hamil Kebo, Ketahuilah Penyebab dan Akibatntya

Hamil Kebo, Ketahuilah Penyebab dan Akibatntya

Hamil Kebo, Ketahuilah Penyebab dan Akibatntya-Foto : Ist-

RADARCIREBON.COM Hamil kebo adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kehamilan tanpa gejala yang dialami oleh ibu hamil.

Kehamilan ini kerap dianggap sebagai “keberuntungan” karena ibu tidak merasakan keluhan apa pun saat hamil. Namun, sebenarnya, ada risiko yang dapat terjadi dibalik hamil kebo.

Kehamilan kerap disertai dengan perubahan pada hidup seorang wanita, baik dari segi fisik, mental, maupun hormonal.

Berbagai perubahan ini akan menyebabkan keluhan yang juga dikenal sebagai gejala kehamilan, seperti morning sickness, nyeri payudara, sakit perut, kelelahan, dan sering kencing.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa setiap kehamilan bersifat unik dan tiap wanita memiliki tantangan yang berbeda dalam menjalaninya. Salah satu kehamilan unik yang dapat dijumpai adalah hamil kebo.

Penyebab Hamil Kebo

Sebenarnya, masih tergolong normal jika wanita tidak merasakan atau menyadari gejala kehamilan di usia kehamilan 4–6 minggu. Namun, tidak adanya gejala kehamilan pada hamil kebo akan dialami sampai lebih dari usia kehamilan 6 minggu.

Dalam dunia medis, hamil kebo dikenal dengan istilah cryptic pregnancy (kehamilan samar). Cryptic pregnancy membuat wanita tidak sadar bahwa dirinya sedang hamil sampai menjelang akhir masa kehamilan, bahkan tiba-tiba melahirkan.

Belum dapat dipastikan mengapa wanita bisa mengalami hamil kebo. Namun, ada beberapa faktor yang dicurigai menyebabkan wanita tidak merasakan gejala hamil, yaitu:

1. Gejala yang disalahartikan

Gejala kehamilan sering kali disalahartikan sebagai keluhan kesehatan fisik atau gejala premenstrual syndrome (PMS).

PMS dan tanda kehamilan memang mirip, tetapi sebenarnya dapat dibedakan dari intensitas atau tingkat keparahannya.

Alasan inilah yang membuat seorang wanita mengalami hamil kebo, padahal sebenarnya ia sedang menyalahartikan gejala kehamilan yang tengah dirasakannya.

2. Siklus haid yang tidak teratur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: