7 Manfaat Kentang untuk Anak yang Sangat Jarang Sekali Diketahui

7 Manfaat Kentang untuk Anak yang Sangat Jarang Sekali Diketahui

7 Manfaat Kentang untuk Anak yang Sangat Jarang Sekali Diketahui-Foto : Ist-

RADARCIREBON.COM Salah satu manfaat kentang untuk anak adalah sebagai sumber energi. Ini berasal dari kandungan karbohidrat di dalam kentang.

Makanya, umbi ini sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Namun, manfaat kentang untuk buah hati tidak hanya itu saja lho, Bun. Nah, apa saja ya manfaatnya?

Kentang mengandung nutrisi yang cukup lengkap, yaitu karbohidrat, protein, serat, gula, vitamin C, asam folat, vitamin B6, magnesium, mangan, fosfor, kalium, dan antioksidan alami, seperti flavonoid dan karotenoid. Semua nutrisi ini dibutuhkan oleh tubuh anak guna mendukung proses tumbuh kembangnya.

Sederet Manfaat Kentang untuk Anak

Bila Si Kecil sangat suka makan kentang, Bunda patut bersyukur. Selain mudah ditemukan dan memiliki harga yang relatif murah, kentang bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari direbus, digoreng, hingga dipanggang. Jadi, akan mudah bagi Bunda untuk berkreasi menciptakan beragam menu kentang yang disukainya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kentang untuk anak:

1. Merupakan sumber energi yang baik

Kentang mengandung karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini bisa dibilang lebih baik bila dibandingkan dengan karbohidrat sederhana yang banyak terdapat pada nasi putih.

Selain bisa menjadi sumber energi, karbohidrat kompleks juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan Si Kecil.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Bila dikonsumsi secara teratur, kandungan serat dan pati pada kentang mampu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus, sehingga sistem pencernaan anak jadi lebih sehat dan terhindar dari masalah seperti sembelit dan peradangan usus besar.

Namun, konsumsi kentang juga sebaiknya tidak terlalu banyak, karena umbi-umbian ini bisa menghasilkan gas di usus. Jika dikonsumsi terlalu banyak, kentang bisa membuat anak kembung, mual, dan sakit perut.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan alami di dalam kentang bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Vitamin C diketahui dapat meningkatkan kerja sel darah putih dalam melawan infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: