Penyebab Gapura Candi Bentar Pataraksa Ambruk, Aktivis Cirebon Beberkan Temuan

Penyebab Gapura Candi Bentar Pataraksa Ambruk, Aktivis Cirebon Beberkan Temuan

Penyebab gapura candi bentar di Taman Pataraksa ambruk, dibeberkan oleh salah seorang Aktivis Cirebon.-Andri Wiguna-Radar Cirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Gapura Candi Bentar di alun-alun Pataraksa CIREBON ambruk. Menurut Aktivis CIREBON, konstruksi bangunan yang menjadi masalah.

Salah seorang Aktivis Cirebon, Doni Suroto Kusnadi mengatakan, awal perencanan bangunan candi bentar disebutnya tidak ideal sehingga hasilnya tidak maksimal.

"Dengan konstruksi yang sebegitu lebarnya, tidak seharusnya menggunakan pasangan batu kali yang seperti itu," ucap Doni Suroto Kusnadi kepada Radar Cirebon, Rabu 17 Januari 2024.

Dari temuan dirinya di lokasi ambruknya candi bentar, konstruksi bangunan tidak memiliki penguat antara bangunan atas dengan pondasi.

BACA JUGA:Polresta Cirebon Ungkap 5 Kasus, Sajam Pelaku Bikin Ngilu

"Tekstur di bawahnya kan basement, kalau hanya sebatas sistem tumpang tanpa menggunakan semacam pile cap ataupun strauss pile ke bawahnya, maka bangunan rentan gerak," papar Doni.

Sekadar informasi, pile cap adalah elemen struktural yang digunakan dalam konstruksi untuk mendistribusikan beban dari satu atau beberapa tiang (pile) ke pondasi yang lebih luas. 

Pile cap berfungsi sebagai penyebar beban untuk mengurangi tekanan yang diterima oleh pondasi dan mencegah deformasi atau kegagalan struktural. 

Pile cap biasanya terbuat dari beton bertulang dan ditempatkan di bagian atas tiang-tiang yang saling terhubung. 

BACA JUGA:Manusia Silver Asal Cirebon Curi Pakaian Dalam Wanita di Majalengka, Kini Diamankan Polisi

Sementara pengertian strauss pile, merupakan salah satu jenis pondasi struktur untuk konstruksi bangunan.

Konstruksi ini dapat dikerjakan tanpa menggunakan peralatan mesin karena dibangun dengan cara menggali tanah secara manual memanfaatkan alat bor auger. 

Pondasi jenis tersebut biasanya digunakan buat konstruksi rumah ataupun bangunan dengan lantai 2-3. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: