Kenali Penyakit Musim Hujan Agar Hidup Lebih Sehat

Kenali Penyakit Musim Hujan Agar Hidup Lebih Sehat

Asuransi Astra tersedia dalam tiga paket perlindungan yaitu Fit, Classy, dan Ultima yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan pelanggan.-ASURANSI ASTRA-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Perubahan iklim yang terjdi pada musim hujan turut mempercepat perkembangan bakteri dan virus.

Tak heran saat datang musim penghujan, banyak juga jenis penyakit yang bermunculan.

Untuk melakukan pencegahan terinfeksi atau tertular penyakit di musim hujan, penting untuk mengenali penyakit apa saja yang mengintai saat musim hujan.

Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra, L Iwan Pranoto menuturkan influenza atau flu menjadi salah satu penyakit yang rentan mengintai saat musim hujan datang.

BACA JUGA:Adipati Ewangga Melawan Arya Kiban di Perbatasan Cirebon, Utusan Raja Galuh Putus Asa

Penyakit ini mengganggu sistem pernafasan yang disebabkan oleh virus influenza tipe A, B, atau C.

Gejalanya diantaranya seperti demam, rasa pegal linu, batuk, bersin, sakit kepala dan tenggorokan hingga terasa nyeri di otot dan sendi.

Penyakit ini harus ditangani dengan sigap agar tidak memperburuk kondisi dan menyebabkan pneumonia.

Virus ini menyebar melalui cairan tubuh seperti ingus ataupun air liur yang dapat ditularkan melalui mulut, hidung ataupun tangan yang menyentuh benda terkontaminasi.

BACA JUGA:8 Cara Menjadi Orang yang Peka dan Pengertian, agar Mudah Memahami Perasaan Orang Lain

"Upaya mencegahnya ada dengan berolahraga yang rutin dan istirahat yang cukup, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, mencuci tangan dan memakai masker saat flu," tuturnya. 

Demam Berdarah Dengue juga menjadi penyakit yang bisa terjadi di musim hujan.

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk yang muncul melalui genangan air kotor dan berkembangbiak dengan cepat.

Ketika digigit, virus dengue yang dibawa oleh nyamuk akan masuk dan mengalir ke aliran darah kemudian menginfeksi sel-sel sehat yang ada di dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: