Inilah 5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Nyeri Pada Lutut

Inilah 5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Nyeri Pada Lutut

Inilah 5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Nyeri Pada Lutut-Foto : Ist-

RADARCIREBON.COM Nyeri lutut adalah keluhan umum yang mungkin pernah dialami hampir setiap orang dewasa. Salah satu penyebab umumnya yakni menjalani kebiasaan atau aktivitas sehari-hari secara berlebihan.

Kebiasaan yang dilakukan itu bisa mengganggu dan melemahkan sendi lutut, yang pada akhirnya menimbulkan nyeri di area lutut dan sekitarnya. Di bawah ini beberapa kebiasaan yang perlu kamu hindari!

Kebiasaan yang Menjadi Pemicu Nyeri Lutut

Kebiasaan atau aktivitas tertentu dapat meningkatkan tekanan dan ketegangan pada sendi lutut, yang pada akhirnya bisa memicu nyeri lutut. Beberapa aktivitas tersebut, di antaranya: 

1. Terlalu banyak berolahraga

Olahraga menyebabkan tekanan berlebih yang diterima oleh sendi lutut. Melakukan aktivitas fisik intens atau berulang yang tidak diimbangi dengan istirahat cukup, berisiko menyebabkan kelelahan dan ketegangan pada struktur ligamen, tendon, serta kartilago di sekitar lutut. 

Hal tersebut mengakibatkan peradangan, ausnya permukaan sendi, bahkan cedera seperti robekan ligamen atau kartilago. Selain itu, berolahraga tanpa pemanasan atau teknik yang benar meningkatkan risiko nyeri lutut. 

Karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan antara aktivitas fisik, istirahat, dan pemanasan yang baik untuk menurunkan potensi nyeri lutut. Hindari juga aktivitas, seperti berlari, kickboxing, dan melompat.

2. Mengonsumsi makanan pemicu peradangan

Makanan pemicu peradangan dapat merangsang respons peradangan dalam tubuh. Makanan tinggi gula, lemak jenuh, dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan produksi senyawa inflamasi, seperti prostaglandin dan sitokin, yang dapat memperburuk peradangan.

Peningkatan peradangan ini dapat merusak struktur sendi, termasuk lutut, dan menyebabkan nyeri serta ketidaknyamanan.

Pengidap juga dapat mengalami sensitivitas terhadap makanan tertentu, seperti gluten atau produk susu, yang dapat memicu reaksi peradangan pada sendi. 

Jika mengalaminya, ketahui dalam artikel ini pilihan obat nyeri lutut yang bisa kamu konsumsi: Ini 5 Pilihan Obat Nyeri Lutut yang Ampuh di Apotek. 

3. Obesitas atau kegemukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: