Sejarah Singkat Akademi Atalanta yang Sudah Banyak Melahirkan Pemain Bintang

Sejarah Singkat Akademi Atalanta yang Sudah Banyak Melahirkan Pemain Bintang

Pendukung garis keras Atalanta Bergamo. Loyal dan fanatik!-Foto: istimewa -radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Ketika kita membicarakan Atalanta, tentunya tidak absah jika kita tidak membicarakan juga akademi klub yang berasal dari Kota Bergamo ini. Simak ulasan mengenai sejarah singkat akademi Atalanta di bawah ini!

Giuseppe Ciatto yang berasal dari Zingonia adalah pendiri Akademi Atalanta pada tahun 1940-an.

Bebannya kemudian berkurang ketika mantan pemain Atalanta Luigi Tentorio meminta klub fokus mengembangkan talenta muda di era 1960-an.

Melalui presiden saat itu Danielle Turani, Tentorio berhasil membuat klub mempertimbangkan rencana pengembangan pemain muda melalui akademinya, dan berupaya menciptakan talenta unggul

Setelah itu, tanpa pengumuman lebih lanjut, mereka merekrut Giuseppe Brolis untuk memimpin akademi. Giuseppe Brolis ternyata menjadi salah satu yang terpilih, karena karakter ini benar-benar bebas mencari talenta muda terbaiknya.

Dia memiliki jaringan dengan beberapa klub dan mengenal para pemain muda potensial di beberapa kota di sekitaran provinsi Udine dan Veneto, di utara Italia.

BACA JUGA: Siap Curi Kemenangan, Striker Timnas Indonesia Ini Telah Pelajari Kelemahan Vietnam

Di awal-awal pembentukannya, Atalanta langsung mendapatkan angin segar. Melalui seleksi ketat serta pencarian bakat yang memang dilakukan secara hati-hati, Atalanta berhasil mendapatkan bakat sekelas Gaetano Scirea hingga Giuseppe Savoldi.

Dua nama tersebut begitu masyhur di sejarah persepakbolaan Italia. Scirea pada akhirnya berjaya bersama Juventus dan mengantar klub tersebut memenangi liga sebanyak tujuh kali dan sekali memenangkan kejuaraan tertinggi Eropa pada tahun 1985.

Lalu ada Giuseppe Savoldi yang sukses di Bologna dan Napoli pada tahun 60an dan 70an. Seiring berjalannya waktu, sepak bola Atalanta semakin menarik perhatian.

Kedatangan Antonio Percassi sebagai presiden di awal tahun 90an berhasil mengubah wajah klub semakin bagus.

Berkat visi dan perkembangan avant-gardenya, Antonio Percassi berhasil melahirkan pemain-pemain berkualitas bagi sepak bola Italia yang saat itu menjadi pusat dunia.

BACA JUGA: Terungkap, Ternyata ini Penyebab Atalanta Mampu Bersaing di Liga Italia Selama Bertahun-tahun

Penggemar sepak bola pasti mengenal pemain seperti Roberto Donadoni, Filippo Inzaghi, Domenico Morfeo dan Alessio Tacchinardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: