Ternyata ini Penyebab Sulit Menaikkan Berat Badan

Ternyata ini Penyebab Sulit Menaikkan Berat Badan

-Foto: Istimewa -radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Bentuk tubuh seseorang sangat bergantung pada faktor genetik, sehingga sulit bagi orang kurus alami untuk menambah berat badan. Tubuh manusia dapat diubah sampai batas tertentu dengan meningkatkan latihan kekuatan dan nutrisi. Tentu ini tidak boleh melupakan aspek kesehatan.ga

Menambah berat badan bisa sama sulitnya dengan menurunkannya. Jika dilakukan dengan benar dan sehat, banyak prinsip dasar yang sama berlaku untuk penambahan dan penurunan berat badan. 

Penyebab Sulit Menaikkan Berat Badan 

Banyak faktor yang mempengaruhi berat badan seseorang. Berikut ini adalah penyebab sulitnya menambah berat badan:

1. Hipertiroidisme

Hiperfungsi kelenjar tiroid atau hiperaktif menyebabkan kelebihan hormon tiroid dalam tubuh. Hormon tiroid adalah hormon yang bertanggung jawab atas banyak aspek metabolisme tubuh manusia, termasuk pengaturan metabolisme. 

BACA JUGA: 5 Cara Setting Spray yang Bikin Makeup Wanita Karier Tahan Lebih Lama

Penderita hipertiroidisme memiliki metabolisme yang terlalu aktif dan sering kali membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Tanpa pengobatan yang tepat, hipertiroidisme dapat menyebabkan masalah berat badan meski asupan makanannya meningkat.

2. Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun yang menyebabkan tubuh menghancurkan sel pankreas yang bertanggung jawab memproduksi insulin. Jika diabetes tipe 1 tidak diobati dengan baik, kondisi ini menyebabkan kadar gula darah tinggi, yang kemudian dikeluarkan melalui urin. 

Sekresi glukosa berlebih ini dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak terlihat.

3. Penyakit radang usus

Penyakit radang usus adalah rangkaian penyakit yang ditandai dengan peradangan usus. Kondisi tersebut termasuk penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, yang dapat berdampak negatif pada kemampuan seseorang untuk mempertahankan berat badan. 

BACA JUGA: 4 Cara Menyimpan Kue Egg Tart agar Tetap Lembut saat Dimakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: