Wajib Tahu Ini Dia 6 Cara Menghilangkan Kerak Gigi yang Dengan Cara yang Sangat Efektif

Wajib Tahu Ini Dia 6 Cara Menghilangkan Kerak Gigi yang Dengan Cara yang Sangat Efektif

Wajib Tahu Ini Dia 6 Cara Menghilangkan Kerak Gigi yang Dengan Cara yang Sangat Efektif-Foto : Ist-

RADARCIREBON.COM Cara menghilangkan kerak gigi yang paling efektif biasanya dilakukan dengan penanganan medis.

Namun, kondisi ini juga bisa ditangani dengan beberapa cara sederhana di rumah, mulai dari membersihkan gigi menggunakan dental floss hingga berkumur dengan minyak kelapa atau larutan cuka.

Munculnya kerak gigi atau karang gigi disebabkan oleh penumpukan plak di gigi yang tidak kunjung dihilangkan. Plak gigi sendiri merupakan lapisan lengket di permukaan gigi yang terbentuk dari sisa-sisa makanan. Jika dibiarkan begitu saja, plak gigi akan mengeras hingga membentuk kerak gigi.

Kerak gigi dapat terjadi pada siapa saja. Namun, kondisi ini lebih berisiko dialami oleh orang yang memiliki kebiasaan merokok, jarang menyikat gigi, atau gemar mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Jika tidak segera ditangani, kerak gigi dapat menyebabkan gigi menjadi rusak dan berlubang hingga memicu terjadinya radang gusi atau gingivitis.

Oleh karena itu, agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga, cara menghilangkan kerak gigi sangat penting untuk diketahui dan dilakukan.

Cara Menghilangkan Kerak Gigi yang Ampuh

Cara menghilangkan kerak gigi harus disesuaikan dengan tingkat keparahannya. Bila kerak gigi masih berupa lapisan atau kerak yang tipis, penanganan sederhana di rumah, mulai dari rutin menyikat gigi hingga berkumur dengan air cuka, dapat dilakukan untuk menghilangkannya.

Namun, jika kerak gigi sudah mengeras, penanganan medis berupa prosedur scaling gigi menjadi cara paling efektif untuk mengatasinya. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai berbagai cara menghilangkan kerak gigi:

1. Menyikat gigi secara rutin

Rutin menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari menjadi salah satu cara menghilangkan kerak gigi yang tipis, yaitu plak pada gigi yang dapat memicu timbulnya kerak gigi. Cara ini juga merupakan langkah yang paling mudah dilakukan.

Agar manfaatnya dalam menghilangkan kerak gigi dirasakan secara optimal, gunakanlah sikat gigi dengan bulu yang halus supaya bisa menjangkau sela-sela gigi dan pasta gigi dengan kandungan fluoride.

Selain itu, usahakan untuk menyikat gigi dengan lembut dan merata pada seluruh permukaan gigi selama 2–3 menit.

2. Membersihkan gigi dengan benang gigi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: