6 Cara Non Medis Dengan Menggunakan Metode Tradisional Bisa Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

6 Cara Non Medis Dengan Menggunakan Metode Tradisional Bisa Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

6 Cara Non Medis Dengan Menggunakan Metode Tradisional Bisa Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi-Foto : Ist-

6. Mencuci hidung bayi dengan air garam steril (saline)

Mencuci hidung bayi dengan air garam atau cairan saline juga merupakan cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang ampuh. Cara tersebut dapat mengeluarkan bakteri serta lendir yang menumpuk di rongga hidung Si Kecil.

Namun, cara ini hanya boleh dilakukan dengan menggunakan cairan air garam steril (saline) yang bisa Bunda dapatkan di apotek. Anda Untuk memasukkan cairan garam ke hidung Si Kecil, Bunda bisa menggunakan neti pot atau syringe.

Berikut ini langkah-langkah untuk mencuci hidung Si Kecil:

  • Isi neti pot atau atau syringe dengan cairan saline.
  • Pastikan wajah Si Kecil menghadap ke bawah untuk mencegah cairan saline masuk ke paru-parunya.
  • Masukkan alat ke salah satu lubang hidungnya kemudian alirkan cairan saline dari neti pot atau syringe secara perlahan.
  • Ulangi langkah-langkah tersebut pada lubang hidung yang satu lagi.

Selain melakukan berbagai cara yang sudah dijelaskan, Bunda juga disarankan untuk menjaga suhu dan kelembapan udara di kamar tidur bayi.

Hal ini berguna agar hidung tersumbat yang dialami Si Kecil tidak memburuk. Bunda dapat menyalakan pelembap udara (air humidifier), jika memungkinkan, dan menghindari penggunaan pendingin ruangan (AC) atau kipas angin di kamar Si Kecil.

Bila Bunda sudah melakukan beragam cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi tetapi gejala flu dan pilek yang dialami Si Kecil tidak kunjung reda maupun bertambah parah, atau bahkan Si Kecil mengalami demam lebih dari 40°C, sesak napas, atau lemah, segera bawa ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: