Begini Konsep Gedung BAT Kota Cirebon yang 'Dihidupkan' Lagi

Begini Konsep Gedung BAT Kota Cirebon yang 'Dihidupkan' Lagi

Gedung BAT Kota Cirebon akan dihidupkan kembali menjadi tempat wisata baru di Kota Cirebon.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Gedung British American Tobacco atau Gedung BAT di Kota CIREBON yang bakal dihidupkan kembali, memiliki konsep sebagai berikut.

Gedung BAT Kota Cirebon merupakan bangunan peninggalan Belanda. Terakhir aktif, sebagai pabrik rokok yang cukup terkenal.

Berlokasi di Jalan Pasuketan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, bangunan yang memiliki konstruksi kokoh ini, kini tidak lagi beroperasi.

Untuk menghidupkan kembali, Pemerintah Kota Cirebon berniat menjadikan gedung tersebut sebagai destinasi wisata baru.

BACA JUGA:Komunitas PCX Club Bandung Ikuti Pelatihan Keselamatan Berkendara

Dijelaskan Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, pengoperasian kembali gedung BAT bakal dibarengi dengan beberapa konsep.

Rencananya, gedung BAT tersebut dilengkapi dengan konsep Cirebon zaman dulu, museum, kuliner, zona kreatif, hingga Cirebon masa datang. 

"Gedung tersebut nantinya akan dikelola oleh swasta," ungkap Agus Sukmanjaya dikutip dari radarcirebon.com, Selasa 23 Januari 2024.

Dijelaskan Agus, semua konstruksi yang terdapat di bagian dalam gedung, tidak akan dihilangkan.

BACA JUGA:Kota Cirebon Raih 2 Penghargaan, Pj Walikota: Cerminan Dari Pelayanan Kita

Hal tersebut, sebut Agus, untuk menjaga kaidah-kaidah pelestarian cagar budaya yang melekat pada gedung peninggalan tersebut.

"Pemerintah Daerah hanya dukungan, baik dari awal mulai pengkajian terkait dengan cagar budayanya sampai fasilitasi untuk perizinan," sambungnya.

Pengoperasian kembali Gedung BAT, selaras dengan keinginan dari Pemerintah Kota Cirebon.

Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, gedung eks pabrik rokok tersebut, bakal kembali dihidupkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: