PLN UIP JBT Salurkan 11 Program TJSL Berwawasan SDG's Sepanjang 2023

PLN UIP JBT Salurkan 11 Program TJSL Berwawasan SDG's Sepanjang 2023

PLN UIP JBT Salurkan 11 Program TJSL Berwawasan SDG's Sepanjang 2023-ist-radarcirebon.com

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - PLN terus berkomitmen mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan sebagai ekosistem penyangga seluruh kehidupan sejalan dengan pilar lingkungan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Sepanjang tahun 2023, PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) berhasil melaksanakan 11 program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Secara umum, program-program yang telah dijalankan berfokus pada pendidikan, pengembangan ekonomi daerah dan juga perbaikan lingkungan.

PLN UIP JBT mencatat dampak dari keseluruhan program berhasil menjangkau hingga lebih dari 9.000 warga. Secara nilai anggaran, PLN UIP JBT merealisasikan lebih dari Rp 3,3 Milyar atau naik sekitar 13% dari total realisasi anggaran TJSL tahun 2022.

BACA JUGA:Pajak Hiburan dan PBB di Kota Cirebon Naik, Segini Besarannya

Untuk kategoriTPB, PLN UIP JBT berkontribusi pada TPB 4 (Pendidikan Berkualitas), TPB 6 (Air Bersih & Sanitasi Layak) TPB 7 (Energi Bersih dan Terbarukan), TPB 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), TPB 13 (Penanganan Perubahan Iklim), TPB 15 (Ekosistem Daratan) dan TPB 16 (Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh).

PLH General Manager PLN UIP JBT, Senior Manager Operasi Konstruksi 1, Kunto Nugroho menuturkan bahwa sebagai BUMN, PLN turut memiliki kewajiban dalam menjaga kondisi sosial dan lingkungan.

Kunto menjelaskan sepanjang tahun 2023, unitnya menjalankan sejumlah program yang difokuskan pada pengembangan SDM, perbaikan lingkungan serta peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengembangan UMKM.

“Kami sangat menyadari bahwa pengembangan SDM serta pertumbuhan ekonomi adalah kedua hal yang saling berkaitan, dimana untuk mengembangkan ekonomi tentunya harus didukung sumber daya manusia yang mumpuni juga. Selain itu, PLN juga memiliki tanggung jawab kepada kondisi lingkungan. PLN tidak hanya menggunakan sumber daya alam yang ada untuk kepentingan masyarakat, namun juga mengimplementasikan langkah restorasi seperti konservasi air, penanaman pohon dan juga bersih-bersih pantai,” jelas Kunto.

BACA JUGA:Bersyukur Diangkat Menjadi ASN PPPK, 712 Perawat Kabupaten Cirebon: Terima Kasih Pak Bupati

Kunto juga menjelaskan, dalam rangka mengimplementasikan dengan Environmental, Social and Governance (ESG), PLN melibatkan seluruh pegawainya untuk turut berperan serta menjaga lingkungan melalui program Employee Volunteering Program (EVP) dan juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat.

Salah satu contohnya adalah, Program Penanaman 10.000 pohon di Pantai Kemangi Indah, Kabupaten Kendal. Langkah tersebut menurutnya akan meningkatkan rasa peduli pegawai pada lingkungan dengan melihat dan terlibat langsung dalam kegiatan sosial dan lingkungan.

“Kami sangat berharap agar ke depan program TJSL kami dapat lebih baik lagi, lebih terukur dan tepat sasaran sehingga dapat memberikan dampak yang lebih luas dan signifikan bagi masyarakat. Lebih dari itu, kami juga harapkan masyarakat juga untuk tetap melanjutkan program yang telah berjalan dan dapat dikembangkan lagi," tutup Kunto.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Melaju ke 16 Besar Piala Asia, Shin Tae-yong: Saya Sangat Happy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: