Yuk Bikin KTP-el Tak Perlu Lama! Disdukcapil Gencar Sosialisasi IKD

Yuk Bikin KTP-el Tak Perlu Lama! Disdukcapil Gencar Sosialisasi IKD

e-ktp-dok-radarcirebon.com

SUMBER, RADARCIREBON.COM - Identitas Kependudukan Digital (IKD) tengah disosialisasikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). IKD sebagai aplikasi digitalisasi identitas yang digunakan sebagai pengganti KTP elektronik (KTP-el).

Dalam sosialisasi itu, Disdukcapil Kabupaten Cirebon mengajak untuk Download aplikasi IKD yang berlogo Kemendagri di playstore untuk HP Android. Kemudian lakukan registrasi dan aktifitasi di kantor Kecamatan atau kantor Disdukcapil Kabupaten Cirebon.  Bisa juga aktivitas IKD secara online pada laman https://sintren.cirebonkab.go.id

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cirebon, Iman Supriadi mengakatan,  akhir 2023 lalu, sudah banyak warga Kabupaten Cirebon yang sudah mengunduh dan mengaktifkan IKD. Tercatat, sudah ada sebanyak 3,35 persen atau 14.770 penduduk warga Kabupaten Cirebon yang wajib KTP-el mengunduh IKD.

"3,35 persen itu tersebar di seluruh Kabupaten Cirebon. Paling banyak di Kecamatan Kedawung, Gunungjati, Sumber dan Talun," kata Iman Supriadi, Jumat, (27/1).

BACA JUGA:Berikan Bantuan untuk Anak Yatim dan Guru Ngaji, Bupati Imron Titip Pengawasan Anak

Ia menghimbau kepada warga Kabupaten Cirebon yang sudah wajib KTP-el, namun KTP nya hilang ataupun rusak, pihaknya menyarankan untuk mengaktifkan IKD terlebih dahulu. Untuk pengaktifan IKD masih harus meminta bantuan operator, baik ke kantor Disdukcapil maupun kantor kecamatan

"Jangan takut. Kemananan data terjamin. Pokoknya, data-data aman. Buktinya, sekarang saja perbankan sudah mau bekerjasama dengan pemerintah," kata Iman.

Pihakanya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon yang sudah wajib KTP-el agar segera mengaktifkan IKD, terutama kaum milenial.  "Insyaallah sampai Juni Kabupaten Cirebon 10 persen, sebab sekarang saja Kabupaten Cirebon sudah bagus dibandingkan dengan daerah lain," pungkasnya. (cep)

BACA JUGA:Jelang Kontra Australia, Timnas Indonesia Dapat Angin Segar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: