Dua Siswa SMAK Penabur Cirebon Lolos Pelatnas

Dua Siswa SMAK Penabur Cirebon Lolos Pelatnas

Dari Kiri: Jonathan Irvin Susanto, Gunawan dan Dave Vicco Youki.-ADE GUSTIANA-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dua siswa SMAK Penabur Cirebon berhasil lolos Pelatihan Nasional (Palatnas) tahap I untuk mewakili Indonesia di ajang internasional. Pelatnas tahap II akan dihelat tahun ini di Kazakhstan dan Mesir.

Keduanya adalah Dave Vicco Youki dari kelas XI IPA 1 dan Jonathan Irvin Susanto kelas XII IPA 2. Setelah, sebelumnya berhasil meraih medali emas dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada 27 Agustus hingga 2 September 2023 di Kabupaten Bogor.

Vicco menekuni mata pelajaran Biologi dan akan mengikuti International Biology Olympiad (IBO) di Astana, Kazakhstan pada Juli tahun ini. Sementara Jonathan menekuni Informatika dengan kompetisi International Olympiad in Informatics (IOI) di Mesir pada September 2024. Olimpiade berlangsung sekitar satu minggu.

Vicco mengatakan, sekolah memberikan kelonggaran pelajaran reguler ketika akan menghadapi kompetisi seperti OSN atau Pelatnas. Jauh hari sebelumnya. Pelatihan demi pelatihan diberikan. Baik secara langsung maupun daring. Pun dengan pelatih, ada yang didatangkan khusus dari Jakarta.

BACA JUGA:Daftar Tim yang Lolos ke Perempat Final Piala Asia 2023, 4 Negara Rebutkan 2 Tiket Tersisa

"Itu banyak membantu. Dispensasi waktu seperti Training Center (TC), dan bisa tidak mengikuti pelajar atau ujian agar fokus menghadapi lomba," tutur Vicco di SMAK Penabur Cirebon, Jalan Dr Cipto Mangunkusumo, Selasa (30/1).

Jonathan menambahkan, selain TC juga ada Sains Club Jenjang (SCJ) dari sekolah. Banyak materi yang diberikan untuk menghadapi kompetisi. "Belajar dan terus berlatih," jelas Jonathan, tentang persiapan menghadapi Pelatnas tahun ini.

Sementara itu, Kepala SMAK Penabur Cirebon Gunawan SSi membenarkan bahwa waktu lebih untuk berlatih diberikan kepada siswa dan siswi yang akan menghadapi perlombaan.

"Kalau ada ulangan atau tugas mereka bebas. Bukan saja OSN/Pelatnas, lomba lainnya pun begitu. Kalau mereka masih memikirkan belajar (reguler) tidak akan fokus," pungkasnya. (ade/opl)

BACA JUGA:Waspada! Hari Ini, Wilayah Ciayumajakuning Mengalami Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: