Mata Anak Anda Belekan, Ketahuilah Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Mata Anak Anda Belekan, Ketahuilah Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Mata Anak Belekan-hellosehat.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Mata anak belekan umumnya bukanlah hal yang berbahaya. Namun, ada beberapa kasus mata anak belekan yang memang merupakan tanda adanya kondisi atau penyakit tertentu yang perlu mendapatkan pengobatan.

Belekan adalah kondisi saat mata mengeluarkan kotoran mata yang berbentuk lendir lengket atau kerak berwarna kuning kehijauan.

Kotoran mata merupakan bagian dari sistem pertahanan alami tubuh karena dapat membantu mengeluarkan zat asing yang mungkin membahayakan mata, sekaligus melembapkan mata.

Selain pada orang dewasa, belekan bisa terjadi pada bayi maupun anak-anak. Mata anak belekan bisa disebabkan oleh banyak hal dan penanganannya pun dapat dilakukan dengan cara sederhana di rumah.

Penyebab Mata Anak Anda Belekan

Mata anak belekan yang tergolong normal umumnya muncul saat bangun tidur. Kondisi ini terjadi karena ketika tidur, kotoran mata dapat menumpuk di sudut mata dan menggumpal menjadi belekan. Selain itu, belekan juga bisa muncul ketika anak menyeka matanya dengan tangan yang kotor.

Beberapa penyebab mata anak belekan selain dua kondisi di atas adalah sebagai berikut:

1. Penyumbatan saluran air mata

Mata anak belekan bisa menjadi tanda adanya penyumbatan saluran air mata. Ketika saluran air mata tersumbat, cairan mata tidak dapat mengalir dengan baik. Akibatnya, cairan mata terjebak dan menumpuk di mata, sehingga menyebabkan mata menjadi belekan.

Kotoran mata pada kondisi ini biasanya cukup lengket dan disertai mata yang terus berair meskipun anak sedang tidak menangis. Bila dibiarkan, mata anak yang terus berair dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi.

2. Terpapar debu

Ketika mata anak terpapar debu atau kotoran, akan terjadi peningkatan produksi cairan dan lendir sebagai respons alami tubuh untuk melindungi mata. Lendir ini dapat membantu menghilangkan benda asing dari mata dan melumasi mata agar tidak kering.

3. Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah peradangan pada konjungtiva akibat infeksi virus, bakteri, atau alergi. Infeksi ini dapat membuat mata anak belekan, merah dan bengkak, serta anak menjadi rewel karena matanya terasa seperti berpasir, tidak nyaman, bahkan nyeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: