Dosen IPB Cirebon Bekali Guru SMP Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Digital

Dosen IPB Cirebon Bekali Guru SMP Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Digital

WORKSHOP: Tim Dosen IPB Cirebon memberikan pembekalan kepada para guru SMP di Kota Cirebon berupa pembuatan media pembelajaran berbasis digital.-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM- Institut Prima Bangsa (IPB) Cirebon kembali menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tim Dosen IPB Cirebon memberikan pembekalan kepada para guru di tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Cirebon, yakni berupa pembuatan media pembelajaran berbasis digital, Selasa (30/1/2024).

Salah satu tim dosen yang terlibat dalam kegiatan tersebut, Ratri Nuryani Qudwatullathifah MPd mengatakan salah satu materi yang disampaikan adalah materi pembelajaran berbasis flipped learning atau pembelajaran terbalik.

Yakni, model pembelajaran di mana siswa sebelum belajar di kelas mempelajari materi lebih dahulu di rumah sesuai dengan tugas yang diberikan oleh guru.

BACA JUGA:Yamaha Ajak Pengguna Fazzio & Filano kulineran serta Baking Experience Kekinian di Bandung

Selain itu, dalam workshop tersebut juga mereka membekali para guru dengan ketrampilan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi yang disampaikan oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Aldha Williyan MPd. Kegiatan pembekalan tersebut diberikan kepada para guru di SMPN 3 Cirebon.

“Dengan workshop ini, guru-guru diharapkan ketika mengajar di kelas itu penuh dengan metode pembelajaran berbasis teknologi," ungkap Ratri kepada Radar Cirebon.

Lebih lanjut Ratri menerangkan bahwa saat ini banyak sekali tersedia beragam produk teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan oleh para guru saat memberikan pembelajaran di kelas. Mulai dari website, aplikasi atau media lainnya.

Semuanya itu bisa dimanfaatkan sebagai variasi dalam proses pembelajaran. Diantaranya adalah aplikasi Canva dan Wordwall.

BACA JUGA:18 Orang Termasuk Pasutri Jadi Tersangka Peredaran Narkotika, Berikut Nama dan Alamat

Dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi, kata Ratri, diharapkan akan menciptakan suasana di kelas yang menyenangkan dan membuat anak-anak merasa nyaman.

Ratri berharap bahwa kegiatan workshop tersebut dapat memberikan manfaat bagi sekolah dan guru guru yang ada di Cirebon. Mengingat, tujuan dari kegiatan tersebut adalah supaya memberikan manfaat dalam peningkatan kualitas pendidikan dan kompetensi guru guru di era digital. (awr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: