9 Cara Mengatasi Perut yang Buncit dengan Cara yang Sangat Efektif

9 Cara Mengatasi Perut yang Buncit dengan Cara yang Sangat Efektif

Perut Buncit-Foto : telemed.ihc.id-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Cara mengatasi perut buncit harus dilakukan secara rutin dan konsisten agar hasilnya terasa.

Tidak hanya mampu membakar lemak yang menumpuk di perut, cara-cara tersebut juga mudah dilakukan dan terbukti efektif membuat tubuh menjadi lebih ramping dan sehat.

Perut buncit disebabkan oleh penumpukan jaringan lemak di bagian perut. Penumpukan lemak tersebut umumnya terjadi karena sering mengonsumsi makanan atau minuman tinggi kalori, usia, faktor genetik, dan jarang berolahraga.

Perut buncit dapat menurunkan rasa percaya diri, membuat Anda kesulitan dalam memilih pakaian, dan berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Namun, jangan khawatir bila mengalaminya karena ada beberapa cara mengatasi perut buncit yang bisa diterapkan dengan mudah.

9 Cara Mengatasi Perut yang Buncit

Ukuran lingkar perut orang dewasa normalnya adalah 80 cm pada wanita dan 90 cm pada pria. Jika ukuran lingkar perut Anda melebihi batas tersebut, hal ini menandakan bahwa Anda memiliki perut buncit.

Agar perut Anda menjadi ramping dan rata, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi perut buncit:

1. Mengonsumsi protein

Protein merupakan sumber nutrisi yang sangat penting untuk mengatasi perut buncit. Asupan protein yang tinggi dapat meningkatkan metabolisme serta memberikan efek kenyang yang lebih lama pada tubuh. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol nafsu makan agar tidak makan secara berlebihan.

Kebutuhan protein untuk orang dewasa umumnya sekitar 60–65 gram per hari. Asupan protein tersebut dapat dicukupi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti dada ayam, ikan, telur, tahu atau tempe, produk susu, sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

2. Kurangi makanan berlemak

Mengonsumsi makanan berlemak tinggi juga bisa menyebabkan perut menjadi buncit. Pasalnya, kelebihan lemak akan disimpan dalam tubuh dalam bentuk cadangan lemak, salah satunya di bagian perut.

Oleh karena itu, jika ingin mengecilkan perut buncit, sebaiknya batasi atau hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, seperti gorengan, mentega, makanan manis, dan junk food.

Lebih baik pilihlah jenis makanan yang mengandung lemak sehat dan tinggi nutrisi, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, susu rendah lemak, ikan, alpukat, jamur, dan kentang, sebagai cara mengatasi perut buncit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: