Mata Anda Mengalami Kebutaan Ketahuilah 7 Penyebab dan Cara Penanganannya

Mata Anda Mengalami Kebutaan Ketahuilah 7 Penyebab dan Cara Penanganannya

Kebutaan -Foto : www.alodokter.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Mata buta adalah kondisi ketika seseorang tidak mampu melihat sama sekali. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari cedera hingga kondisi yang berdampak pada hilangnya kemampuan melihat.

Mata buta dapat terjadi pada salah satu mata (buta parsial) atau keduanya (buta menyeluruh). Untuk beberapa kondisi, mata buta dapat dicegah dengan mendeteksi penyebabnya sejak dini dan menjalani pengobatan yang tepat.

Oleh karena itu, penting untuk memahami berbagai kondisi yang dapat menyebabkan mata buta sebagai bentuk pencegahan dari kemungkinan hilangnya penglihatan.

7 Penyakit yang Menyebabkan Mata Anda Bisa Buta

Mata buta bisa terjadi secara tiba-tiba atau secara perlahan seiring pertambahan usia. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan mata buta:

1. Katarak

Katarak adalah penyakit ketika lensa mata berubah menjadi keruh atau berkabut, sehingga penglihatan menjadi tidak jelas.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh proses penuaan, cedera, peradangan, atau penyakit tertentu seperti diabetes. Bila dibiarkan tanpa penanganan, katarak bisa memicu terjadinya mata buta.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti cara mencegah terjadinya katarak. Namun, Anda bisa menghambat berkembangnya penyakit ini dengan menghindari paparan sinar ultraviolet dan menghentikan kebiasaan merokok.

Katarak yang belum terlalu parah dapat diatasi dengan menggunakan kacamata yang diresepkan oleh dokter. Dokter juga akan meresepkan obat bila Anda menderita penyakit kronis yang menyebabkan terjadinya katarak.

Jika keterbatasan penglihatan sudah semakin parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, operasi katarak menjadi pilihan pengobatan utama yang akan dilakukan oleh dokter.

2. Glaukoma

Glaukoma adalah kondisi ketika saraf mata mengalami kerusakan akibat peningkatan tekanan dalam bola mata. Kondisi ini ditandai dengan mata merah, nyeri mata, penglihatan kabur, serta mual dan muntah.

Kerusakan saraf mata yang semakin parah dapat menyebabkan mata buta hanya dalam waktu beberapa tahun. Guna mencegah kebutaan mata, perlu dilakukan penanganan untuk menurunkan tekanan bola mata, baik dengan pemberian obat tetes mata, operasi laser, atau operasi mikro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: