Hasil Survei Pilpres 2024, Prabowo - Gibran Menang Telak di Dapil Cirebon - Indramayu

Hasil Survei Pilpres 2024, Prabowo - Gibran Menang Telak di Dapil Cirebon - Indramayu

Hasil survei Cesda untuk Pilpres 2024 di Dapil Cirebon - Indramayu, pasangan Prabowo - Gibran menang telak.-Cesda for -radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Survei Pilpres 2024, pasangan capres - cawapres Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka menang telak di Dapil VIII Jawa Barat yang mencakup Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu.

Direktur Eksekutif Cesda, Hadi Kusmanto menjelaskan, pelaksanaan survei dilaksanakan pada 23 - 31 Januari 2024 dengan metoda multistage random sampling.

Adapun jumlah responden untuk survei Pilpres 2024 Dapil Cirebon - Indramayu terbilang besar karena mencapai 5.116 orang.

Dengan besarnya sampel, Hadi menyatakan bahwa margin of error hanya 1,96 persen saja.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Beberkan Alasan Angkat Tito Karnavian Jadi Menko Polhukam Ad Interim

Adapun lokus survei mencakup Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon yang merupakan Dapil VIII Jawa Barat.

"Kami memilih daerah ini, karena pertarungannya sengit baik untuk pileg maupun pilpres," kata Hadi, kepada radarcirebon.com, Minggu, 4, Februari 2024.

Mengutip data survei tersebut, terlihat sebaran survei berada di Kabupaten Indramayu 2.394 (46,8 persen), Kabupaten Cirebon 2.378 (46,5 persen)  dan Kota Cirebon 344 (6,7 persen).

Demografi pemilih adalah 47,8 persen laki-laki dan 52,2 persen perempuan. Sampel juga mewakili populasi. Begitu juga pada klaster pendidikan.

BACA JUGA:Qatar Menang Adu Penalti Atas Uzbekistan, The Maroons Tantang Iran di Semifinal Piala Asia 2023

"Pemilih paling banyak berpendidikan SMA, diikuti SD dan SMP. Baru setelah itu, S1 dan terakhir diploma. Data ini menunjukkan bahwa pemilih didominasi yang berpendidikan di bawah sarjana," kata Hadi.

Kemudian dari sisi usia, responden paling banyak dari klaster 31 sampai dengan 40 tahun. Diikuti 41 sampai 50 tahun dan gen z hanya 18 persen.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan terlihat bahwa pasangan capres - cawapres, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka unggul telak dengan 48,7 persen.

Disusul pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD dengan 19,7 persen dan pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar hanya 13,8 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: