Sakit Gigi sampai Dengan ke Bagian Kepala, Ini Dia 8 Cara Mudah Mengatasinya

Sakit Gigi sampai Dengan ke Bagian Kepala, Ini Dia 8 Cara Mudah Mengatasinya

Sakit Gigi-Foto : hellosehat.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Sakit gigi sampai ke kepala merupakan keluhan yang sangat mengganggu. Seperti namanya, sakit gigi bisa membuat penderitanya merasakan nyeri yang menjalar hingga area kepala dan memicu munculnya sakit kepala. Namun, kondisi tersebut dapat diatasi dengan berbagai cara ampuh yang mudah dilakukan.

Sakit kepala akibat sakit gigi sering kali terjadi hanya pada salah satu sisi kepala, tepatnya sisi kepala yang sama dengan lokasi sakit gigi. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan istilah migrain.

Alasan yang menyebabkan migrain dapat muncul pada penderita sakit gigi adalah karena adanya saraf trigeminal di wajah.

Saraf trigeminal adalah sistem saraf yang terhubung langsung ke otak. Saraf ini memungkinkan seseorang untuk merasakan beragam sensasi pada wajah, gigi, dan gusi.

Oleh karena itu, ketika menderita sakit gigi dan saraf trigeminal teriritasi, saraf akan mengirimkan sinyal rasa nyeri ke otak secara berlebih sehingga memicu terjadinya migrain. Bila tidak segera ditangani, sakit gigi sampai ke kepala bisa mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya.

Cara Mengatasi Sakit Gigi sampai ke Bagian Kepala

Cara paling ampuh untuk menghilangkan sakit kepala sebelah atau migrain saat sakit gigi adalah dengan mengatasi sakit gigi itu sendiri.

Jika sakit gigi sudah mereda, saraf trigeminal akan berhenti mengirimkan sinyal rasa nyeri berlebih ke otak. Hasilnya, migrain pun akan teratasi.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sakit gigi yang bisa Anda lakukan:

1. Kompres dengan air dingin

Salah satu cara mengatasi sakit gigi sampai ke kepala adalah melakukan kompres dingin. Cara ini diketahui dapat mengecilkan pembuluh darah di sekitar gusi sehingga mengurangi nyeri di gigi.

Berkurangnya rasa nyeri di gigi tentunya akan membuat saraf trigeminal berhenti mengirimkan sinyal rasa nyeri ke otak. Dengan begitu, sakit kepala sebelah atau migrain pun akan menghilang secara perlahan.

Dalam pelaksanaannya, Anda bisa melakukan kompres dingin menggunakan es yang dibungkus dengan handuk atau kain bersih. Letakkan es tersebut dia area pipi di mana gigi terasa nyeri dan kompres selama 20 menit.

2. Kumur dengan air garam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: