Bambang Dorong Daerah Berdaulat Pangan

Bambang Dorong Daerah Berdaulat Pangan

BAKAR SEMANGAT: Anggota DPRD Jawa Barat, Bambang Mujiarto ST mendorong agar setiap daerah di Jawa Barat bisa mandiri atau berdaulat pangan. -Andri Wiguna-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Anggota DPRD Jawa Barat, Bambang Mujiarto ST mendorong agar setiap daerah di Jawa Barat bisa mandiri atau berdaulat pangan. Hal ini disampaikan Bambang karena melihat potensi Jawa Barat yang sangat besar di bidang pangan.

Menurutnya, kemandirian pangan daerah sangat penting. Oleh karena itu, lanjut Bambang, kemampuan daerah dalam memproduksi pangan yang beraneka ragam dapat menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang cukup sampai di tingkat perseorangan dan rumah tangga, baik dalam jumlah, mutu, keamanan maupun harga yang terjangkau, dengan memanfaatkan potensi, sumber daya alam, manusia, sosial, ekonomi, dan kearifan lokal.

“Persaingan kita kedepan tidak hanya soal teknologi, tapi soal pangan juga menjadi satu isu penting yang harus kita pastikan ketersediannya, karena jika pangan kacau maka negara juga akan kacau,” ujar Bambang saat sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2021 tentang Kemandirian Pangan Daerah, kemarin.

Diterangkannya, kedaulatan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi perseorangan dan rumah tangga di daerah, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta sesuai dengan keyakinan dan budaya untuk dapat hidup sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan.

BACA JUGA:Bukti Keberpihakan Pada Ekonomi Kerakyatan, Kredit UMKM BRI Tembus Rp1.068,7 triliun

BACA JUGA:FK UGJ Sudah ‘Lahirkan’ 516 Dokter

BACA JUGA:Kapolres Cirebon Kota Beri Pembekalan Personil Pengamanan TPS

Oleh karena itu, pihaknya di DPRD akan mendorong agar pemerintah provinsi serius dalam melindungi lahan pertanian, dan memastikan regenarasi petani tetap berjalan.

“Persoalan petani saat ini sangat banyak, mulai dari pupuk yang sulit, sudah sedikit anak muda yang mau jadi petani dan masih banyak lainnya,” imbuhnya. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: