5 Tips Memilih Tas yang Sangat Nyaman untuk Anak Bersekolah

5 Tips Memilih Tas yang Sangat Nyaman untuk Anak Bersekolah

Tas Sekolah-www.klikdokter.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Memilih tas sekolah anak tak hanya memperhatikan model, bahan, dan warnanya, tetapi juga ukuran tas yang sesuai dengan postur tubuh Si Kecil. Dengan begitu, Si Kecil bisa tetap nyaman dan terhindar dari nyeri otot serta kelelahan.

Anak biasanya membawa perlengkapan yang cukup banyak saat berangkat ke sekolah, mulai dari buku, perlengkapan sekolah, hingga bekal makan siang.

Tas ransel masih menjadi pilihan terbaik untuk tas sekolah anak karena memang didesain agar beban yang dibawa dapat ditopang oleh otot terkuat tubuh.

Namun, jika beban yang dibawa terlalu berat, tas ransel dapat menyebabkan nyeri pada punggung, leher, dan bahu, serta masalah postur tubuh. Agar Si Kecil terhindar dari berbagai kondisi tersebut, memilih tas sekolah untuk anak tidak boleh sembarangan.

Saran Bagi Orang Tua Dalam Memilih Tas Sekolah Untuk Anak Nya

Orang tua tentu tidak ingin buah hatinya merasakan nyeri punggung atau postur tubuhnya terganggu akibat memilih tas sekolah yang tidak tepat. Nah, berikut ini adalah beberapa saran memilih tas sekolah anak:

1. Pilihlah tas ransel dengan ukuran yang tepat

Tas punggung atau tas ransel memang menjadi pilihan tas sekolah anak terbaik. Namun, pastikan Anda memilih tas sekolah dengan ukuran yang sesuai dengan postur tubuh Si Kecil. Tas ransel dengan ukuran yang tidak pas bisa menyebabkan nyeri punggung dan sakit pundak.

Ukuran tas ransel yang pas untuk anak adalah 5 cm menggantung di atas pinggang. Hal ini karena makin rendah tas sekolah dari pinggang, makin berat beban yang harus dipikul oleh bahu.

2. Pilih tas beroda bila membawa beban yang berat

Jika harus membawa beban yang berat, Anda dapat memilih tas sekolah yang menggunakan roda untuk memudahkan Si Kecil bergerak.

Namun, pastikan Si Kecil tidak perlu melewati tangga untuk sampai ke dalam kelasnya agar tidak membahayakan keselamatannya saat mengangkat tas beroda.

3. Gunakan tas sekolah dengan benar

Pastikan Anda mengatur dan mengencangkan kedua tali pundak, sehingga pas dengan tubuh Si Kecil. Hindari memilih tas sekolah yang hanya memiliki 1 tali pundak karena dapat menyebabkan nyeri punggung bawah dan kejang otot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: