Selamat! Qatar dan Yordania Melaju ke Final Piala Asia 2023

Selamat! Qatar dan Yordania Melaju ke Final Piala Asia 2023

Timnas Qatar berhasil masuk final Piala Asia 2023 usai kalahkan Iran 3-2 dilaga semifinal, Rabu 7 Februari 2024 malam tadi.-@qfa-Instagram

Aksi cut inside Afif dari sisi kiri dituntaskan dengan tembakannya ke sudut kanan gawang Iran yang gagal diselamatkan Beiranvand. Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Masuk babak kedua, Qatar terkena apes.  Menit ke-49 karena Ahmed Fathi melakukan handball di kotak terlarang. 

Alireza Jahanbakhsh maju sebagai eksekutor dan berhasil menaklukkan Barsham untuk mengubah skor menjadi 2-2.

BACA JUGA:Bantuan Pangan Beras Dihentikan Jelang 14 Februari 2024, Kepala Bapanas: Hindari Politisasi

Kedua tim kemudian bermain menyerang dan mencoba mencetak gol ketiga di sisa waktu.

Qatar akhirnya berhasil mencetak gol ketiga menjelang akhir pertandingan atau menit ke-82. Tendangan jarak jauh Abdel Aziz Hatem mendarat di kaki Almoez yang berada di kotak penalti. 

Almoez tidak menyia-nyiakan peluang itu dan melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang Iran tanpa mampu dihalau Beiranvand.

Video Assistant Referee (VAR) sempat mengecek gol tersebut karena Almouz diduga offside, tetapi golnya dinyatakan sah. Skor menjadi 3-2 untuk Qatar.

BACA JUGA:Tegas! Inilah Pesan Presiden Jokowi Sepekan Jelang Pemungutan Suara

Iran berupaya menyamakan skor, tetapi harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-90+3 usai Shojae Khalilzadeh diganjar kartu merah karena melanggar Afif yang tengah berlari ke gawang Iran untuk mencetak gol. 

Injury time lebih dari 15 menit tidak mampu membantu Iran untuk mencetak gol penyeimbang. Qatar untuk kedua kali secara beruntun (2019 dan 2023) sukses melaju ke final. 

Dalam laga final, Qatar akan berhadapan dengan Yordania yang  sudah lebih dahulu lolos ke final setelah menyingkirkan Korea Selatan 2-0. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase