Bangun Jiwa Sosial, Pegawai PLN UIP JBT Terjun Jadi Volunteer Tanam Pohon

Bangun Jiwa Sosial, Pegawai PLN UIP JBT Terjun Jadi Volunteer Tanam Pohon

Bangun Jiwa Sosial, Pegawai PLN UIP JBT Terjun Jadi Volunteer Tanam Pohon-Ist-radarcirebon

CIANJUR, RADARCIREBON.COM   – PT PLN (Persero) konsisten menjalankan _Employee Volunteer Program_ untuk menumbuhkan jiwa sosial para pegawainya.

Terbaru, sejumlah pegawai PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) terjun langsung menjadi sukarelawan dalam kegiatan penanaman pohon bersama Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Desa Pakuon, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Kegiatan kepedulian lingkungan ini merupakan bagian dari Peringatan Hari Lahan Basah Sedunia yang jatuh pada tanggal 2 Februari.

PLN saat ini secara serius menerapkan prinsip-prinsip _Environment, Social, and Governance_ (ESG) dalam setiap lini bisnisnya. Melalui kegiatan _Employee Volunteer Program_ ini, PLN ingin menunjukkan komitmennya dalam penerapan ESG dengan konsep mendorong keterlibatan pegawai PLN secara aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan serta pelestarian lingkungan yang sesuai dengan nilai-nilai perusahaan. _Employee Volunteer Program_ sendiri juga menjadi evaluasi dari nilai AKHLAK khususnya nilai Harmonis (saling peduli dan menghargai perbedaan), Loyal (berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara) dan Kolaboratif (Membangun kerjasama yang sinergis).(cep/opl)

General Manager PLH PLN UIP JBT, Senior Manager Operasi Konstruksi II, Rifki Santoso mengatakan _Employee Volunteer Program_ sangat dibutuhkan oleh pegawai untuk menyalurkan kebutuhan jiwa salah satunya melalui keterlibatan dalam program kepedulian terhadap sosial dan lingkungan.

BACA JUGA: Libur Isra Miraj dan Imlek, Tol Cipali Berlakukan Contra Flow

“Kegiatan relawan pegawai ini menjadi wujud implementasi prinsip ESG serta nilai-nilai AKHLAK di BUMN. Jadi, tidak hanya _bisnis seperti biasa_, namun kita juga perlu melihat sekitar. Apa yang perlu kita jalankan agar mampu menambah kesejahteraan baik bagi sesama manusia dan juga lingkungan. Selain itu, kegiatan seperti ini juga dapat membentuk moral positif bagi seluruh pihak yang terlibat,” jelas Rifki.

Lahan basah merupakan salah satu ekosistem di mana udara merupakan faktor utama yang mengendalikan lingkungan. Sebagian besar tanaman dan hewan hidup di kawasan lahan basah. Laju pertumbuhan populasi manusia, perubahan iklim hingga perkembangan teknologi menjadi beberapa faktor yang memberikan dampak kerusakan terhadap lahan basah. Oleh karena itu, kerusakan yang terjadi pada lahan basah akan berdampak langsung pada kesejahteraan manusia.

Rifki melanjutkan, penanaman lahan basah menjadi bentuk upaya dalam menanggulangi kerusakan lingkungan yang lebih besar lagi. Dirinya mengatakan, PLN akan senantiasa berkolaborasi dan mendukung program dan kebijakan KLHK. Terlebih lagi, saat ini PLN semakin meningkatkan fokus pada bisnis yang lebih hijau atau ramah lingkungan.

“Sebelumnya, kami juga telah beberapa kali menjalankan _Employee Volunteer Program_ seperti penanaman pohon ini. Pada kegiatan kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat juga telah kami jalankan. Oleh karena itu, kami berharap agar konsistensi pada program ini dapat terus berkesinambungan sehingga dapat membantu dan memberikan dampak luas kepada masyarakat,” tutup Rifki.

BACA JUGA: Contra Flow Tol Cipali, Kamis 8 Februari dan Jumat 9 Februari 2024 Catat KM dan Jadwalnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: