Ini 6 Makanan Khas Imlek yang Menyehatkan dan Bergizi

Ini 6 Makanan Khas Imlek yang Menyehatkan dan Bergizi

Imlek-Foto : www.fimela.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Tahun Baru Imlek identik dengan kemeriahannya. Selama perayaan ini, kamu pun akan menghias rumah dengan ornamen berwarna merah, menyaksikan atraksi barongsai, sampai bagi-bagi angpau. Selain itu, kurang lengkap rasanya kalau tidak menyajikan makanan khas Imlek yang lezat.

Sebenarnya, beberapa makanan yang dihidangkan saat imlek punya makna yang mendalam. Selain bermakna dan tentunya lezat, makanan khas ini juga sehat dan bergizi. Yuk, simak makanan khas Imlek berikut ini!

Makanan Khas Imlek yang Sehat dan Bergizi

Setiap negara di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara biasanya memiliki hidangan khasnya masing-masing selama perayaan Imlek. Berikut makanan yang paling umum disajikan saat Imlek:

1. Mie

Mi adalah makanan khas Imlek yang pantang dilewatkan. Ada makna tersendiri dari sajian yang satu ini. Menurut mitos, memakan mie tanpa terputus bisa memperpanjang umur. Itu sebabnya, sajian ini kerap disebut sebagai mi panjang umur. 

Kalau di Indonesia, menu khas Imlek ini berupa mi goreng yang ditambahkan daging ayam, udang, dan sayuran. Namun, bisa juga disajikan sebagai bakmi atau mi ayam. 

Karbohidrat dari mi dan sumber protein dari daging isiannya bisa menjadi sumber energi terbaik. Sedangkan sayurannya bisa membantu memenuhi kebutuhan serat sehingga pencernaan bisa tetap lancar. 

2. Pangsit

Bukan hanya sebatas pendamping bakmi, pangsit ternyata salah satu makanan khas Imlek. Tidak di Indonesia saja, di Korea, Jepang bahkan negara asalnya Cina juga kerap menyuguhkan makanan ini saat Imlek. 

Isiannya pun beragam, tetapi umumnya menggunakan daging babi dan ayam. Daging lalu akan dicincang dan dicampur dengan lokio, kucai atau daun bawang, dan telur untuk isiannya.

Jika dilihat dari bahan pembuatannya, tentu saja sajian ini bergizi karena sarat akan protein dari dagingnya. Pasalnya, protein berperan sebagai sumber energi untuk tubuh. 

3. Lumpia

Makanan khas Imlek selanjutnya adalah lumpia. Camilan lezat ini terdiri dari kulit lumpia yang diisi dengan daging ayam, bawang putih, udang, wortel atau tauge.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: