Perlengkapan Wajib Naik Motor Saat Hujan

Perlengkapan Wajib Naik Motor Saat Hujan

Perlengkapan Wajib Naik Motor Saat Hujan-DAM-RADAR CIREBON

RADARCIREBON.COM - Jas hujan menjadi salah satu perlengkapan kendaraan sepeda motor yang wajib dibawa pengendara saat memasuki musim hujan.

Ternyata bukan hanya jas hujan yang menjadi perlengkapan wajib, namun ada beberapa perlengkapan wajib lainnya yang penting dibawa saat berkendara di musim hujan.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma mengatakan penggunaan jas hujan sangat penting dipakai pengendara motor saat mengendarai motor di kala hujan.

Selain melindungi tubuh teteap kering juga menjaga suhu tubuh pengendara. Ada beberapa perlengkapan lainnya yang juga bisa digunakan oleh pengendara untuk melindungi seluruh bagian tubuh agar selalu aman saat berkendara.

BACA JUGA:Kampung Qur'an Cirebon Gelar Pemberian Ijazah Sanad Alquran

"Tingkat kecelakaan sepeda motor lebih banyak terjadi ketika berkendara saat hujan. Untuk itu disarankan untuk menepi dan berteduh sejenak menunggu sampai hujan reda. Beberapa perlengkapan ini pun wajib digunakan jika pengendara terpaksa berkendara di hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," paparnya.

Pada umumnya jas hujan hanya melindungi bagian badan, untuk bagian tangan hanya sampai ke bagian pergelangan tangan saja.

Sedangkan untuk bagian jari-jari tangan tentunya tidak terlindungi oleh jas hujan. Untuk itu selalu gunakan gloves atau sarung tangan saat berkendara.

Tapi yang harus diperhatikan saat musim hujan adalah material atau bahan pada sarung tangan harus kuat, tidak tembus air sehingga bagian telapak tangan tetap kering, tidak licin dan juga nyaman saat digunakan.

BACA JUGA:Menanti Pembuktian Rasmus Hojlund, Mampukah MU Redam Aston Villa?

Biasanya sarung tangan yang terbuat dari bahan kulit, atau bahan lainnya yang diperuntukan untuk digunakan saat musim hujan.

"Sarung tangan dianjurkan selalu digunakan bukan hanya saat hujan saja, tapi juga digunakan pada kondisi normal. Selain untuk melindungi bagian jari-jari dan punggung tangan dari cuaca, juga untuk meminimalisir resiko kerugian terutama saat terjadi kecelakaan," jabarnya.

Untuk melindungi kaki saat berkendara tentunya dianjurkan harus menggunakan sepatu. Tapi sayangnya beberapa jenis dan model sepatu tidak tahan air dan cenderung basah ketika digunakan saat musim hujan, kondisi tersebut tentunya akan membuat berkendara tidak nyaman dan berpotensi mengganggu konsentrasi.

Saat ini tersedia beragam apparel atau perlengkapan berkendara yang berfungsi sebagai pelindung sepatu atau cover shoes tentunya bisa membuat kondisi sepatu tetap kering dan nyaman saat berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: