Keutamaan Bulan Syaban, Pintu Gerbang Ramadan yang Wajib Diketahui Umat Islam

Keutamaan Bulan Syaban, Pintu Gerbang Ramadan yang Wajib Diketahui Umat Islam

Keutamaan bulan syaban. Ilustrasi:-Ahmed Aqtai-pexels.com

Keutamaan Bulan Syaban, Pintu Gerbang Ramadan yang Wajib Diketahui Umat Islam

RADARCIREBON.COM - Keutamaan bulan Syaban wajib diketahui umat Islam. Ini adalah bulan yang disebut juga sebagai pintu gerbang menuju Ramadan.

Berdasarkan penanggalan Hijriah, hari ini sudah masuk bulan Syaban. Maka, umat Islam sepatutnya mempersiapkan sejumlah amalan untuk memperkuat iman

Dengan masuknya bulan Syaban, maka Ramadan tinggal berjalan satu bulan lagi, atau tersisa 29 hari lagi. Fadilah atau keutamaan bulan Syaban sangat besar karena menjadi pintu gerbang menuju Ramadan.

Berdasarkan rilis resmi dari Kementerian Agama RI, Kalender 1445 Hijriah Indonesia Tahun 2024 menunjukan bahwa tanggal 1 Syaban 1445 H bertepatan dengan 11 Februari 2024. 

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Pohon Bambu Nyaris Roboh di Jalan Raya Plangon, Desa Sumber Kidul Banjir

Dengan demikian, Minggu 11 Februari 2024 atau tepat hari ini dipastikan sudah masuk Bulan Syaban.

Nah, hal penting yang perlu diketahui oleh umat Islam adalah, banyaknya amalan yang dianjurkan dikerjakan di bulan Syaban. 

Amalan penting yang dianjurkan di bulan Syaban antara lain adalah puasa sunah. Kemudian ada juga amalan-amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan saat nisfu Syaban. 

Adapun puasa sunnah di bulan Syaban cukup banyak dan bisa dilakukan di sepanjang bulan. Salahsatunya puasa sunnah Ayamul Bidh. 

BACA JUGA:Lahir di Majalengka, Sekolah di Cirebon, Raja Otomotif Indonesia Bermula dari Oplet Sindangkasih

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, disebutkan bahwa berdasarkan pengakuan Aisyah, yakni Rasulullah SAW melakukan puasa sunnah di bulan Syaban lebih banyak dari bulan-bulan lainnya.

Hadist tersebut adalah sebagai berikut:

"Saya (Aisyah) tidak pernah melihat Rasulullah SAW melakukan puasa satu bulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan. Dan saya juga tidak pernah melihatnya sangat banyak melakukan puasa (sunnah) selain pada bulan Syaban." (HR. Bukhari dan Muslim).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: