Benarkah Jika Hand Sanitizer Sama Sekali Tidak Efektif untuk Membasmi Kuman

Benarkah Jika Hand Sanitizer Sama Sekali Tidak Efektif untuk Membasmi Kuman

Hand Sanitizer Bunuh Kuman-Foto : www.siloamhospitals.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Hand sanitizer dapat membantu mengurangi jumlah mikroba di tangan, tetapi ia tidak selalu efektif membasmi kuman. 

Faktanya, menurut Centers for Disease Control and Prevention,  hand sanitizer tidak menghilangkan semua jenis kuman.

Sabun dan air adalah kombinasi yang lebih baik untuk membasmi kuman. Sebab, ada beberapa kondisi ketika penggunaan hand sanitizer tidak efektif, misalnya ketika tangan sangat kotor ataupun dalam kondisi berminyak atau penuh kotoran.

Alasan Hand Sanitizer Kurang Efektif Dalam Membasmi Kuman 

Sabun dan air lebih efektif daripada hand sanitizer untuk menghilangkan jenis kuman tertentu, seperti Cryptosporidium, Norovirus, dan Clostridium difficile.

Meskipun produk berbasis alkohol dapat menonaktifkan banyak jenis mikroba bila digunakan dengan benar, orang mungkin tidak menggunakan hand sanitizer dalam jumlah yang cukup atau mungkin tidak menunggunya sampai betul-betul mengering.

Pembersih tangan ini bekerja dengan baik di lingkungan klinis seperti rumah sakit. Namun, untuk tangan yang sangat berminyak ataupun kotor karena menangani makanan, berolahraga, bekerja di kebun, atau aktivitas lainnya, tidak bisa dibersihkan hanya dengan  menggunakan hand sanitizer.

BACA JUGA:Pembenahan Jalur Transportasi Dalam Kota Cirebon Perlu Dilakukan

Pembersih tangan ini juga mungkin tidak bisa menghilangkan bahan kimia berbahaya, seperti pestisida dan logam berat, dari tangan. 

Pada kondisi-kondisi demikian, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah pilihan yang lebih efektif dalam membasmi kuman.

Meskipun kurang efektif, penggunaannya tetap membantu untuk situasi-situasi mendesak, terutama ketika sabun dan air tidak tersedia. 

Penggunaan produk berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol akan sangat membantu untuk membersihkan tangan.

Produk pembersih tangan dengan konsentrasi alkohol antara 60-95 persen lebih efektif membunuh kuman dibandingkan dengan konsentrasi alkohol yang lebih rendah. 

Hand sanitizer berbasis non-alkohol hanya mengurangi pertumbuhan kuman dan tidak membunuhnya secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: