5 Rekomendasi Obat Stroke Ringan yang Efektif yang Bisa ditemui di Apotek

5 Rekomendasi Obat Stroke Ringan yang Efektif yang Bisa ditemui di Apotek

Obat Stroke Ringan-Foto : www.apotek-k24.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Stroke ringan menyerang saat darah yang berhenti mengalir ke otak dalam waktu yang singkat. Kondisi ini bisa menyebabkan otak kekurangan oksigen lalu kehilangan fungsi kerjanya.

Meskipun tidak mematikan sel otak seperti stroke yang sebenarnya, stroke ringan bisa jadi pertanda kemungkinan terjadinya stroke di masa depan. 

Pengidap stroke ringan bisa kehilangan kemampuan untuk mengangkat tangan, kesulitan bicara, dan wajah yang turun ke satu sisi. Gejala-gejala ini biasanya berlangsung beberapa menit, tapi bisa juga bertahan sampai 24 jam. 

Obat Stroke Ringan yang Ampuh dan Mudah Didapatkan di Apotek

Ada beberapa rekomendasi obat yang ampuh untuk diminum saat stroke ringan menyerang, antara lain: 

1. Tensicap 25 mg 10 Tablet

Obat stroke ringan yang pertama adalah Tensicap. Obat ini mengandung captopril yang membantu mengobati hipertensi dengan cara merelaksasi pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir lancar.

Ini bisa mencegah stroke, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah serangan jantung, mengobati gagal jantung, melindungi ginjal dari bahaya diabetes, dan untuk pemulihan pasca serangan jantung. 

Tensicap adalah obat merah yang pembeliannya harus dengan resep dokter. Untuk pemakaiannya, pengidap stroke ringan bisa mengkonsumsi obat ini saat perut kosong, 1 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan. Selain itu, perlu diingat juga bahwa Tensicap tidak bisa diminum ibu hamil sebab berisiko untuk janin. 

Rentang harga: Rp37.100 – Rp61.100 per strip. 

2. Clopidogrel 75 mg 10 Tablet

Obat ini bisa mengatasi stroke ringan karena kemampuannya yang memberikan efek anti agregasi platelet (keping darah atau trombosit) dan menghambat pembentuk trombus. 

Trombus ini adalah penggumpalan darah yang terbentuk pada dinding pembuluh darah arteri atau vena. Dengan konsumsi Clopidogrel, terbentuknya trombus yang menyebabkan stroke dan serangan jantung bisa dicegah. 

Untuk aturan pemakaiannya, obat ini diminum sehari 1 kali sebelum atau sesudah makan. Clopidogrel juga merupakan obat keras, jadi jangan lupa untuk membawa resep dokter sebelum membelinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: