Kampus Merdeka, Merdeka Belajar dan Kompetensi Mahasiswa: Pembelajaran menyongsong masa depan

Kampus Merdeka, Merdeka Belajar dan Kompetensi Mahasiswa: Pembelajaran menyongsong masa depan

Keakraban tim Vocasia (dokumen pribadi)--

Apa sih Kampus Merdeka, Merdeka Belajar?

“Bingung, khawatir, sepertinya ga percaya. Saya lolos seleksi MSIB nasional!” Pokoknya campur aduk. Ungkapan inilah yang pertama kali saya alami saat mendapatkan notifikasi lulus seleksi Magang MSIB Kampus Merdeka dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan untuk program tinggi yang dikenal dengan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka terdiri dari beberapa bentuk kegiatan pembelajaran di luar perguruan tinggi, salah satunya melakukan Magang di Industri atau tempat kerja lainnya, kegiatan tersebut harus dilaksanakan dengan bimbingan dari dosen, sehingga diharapkan dapat memberikan pengalaman kontekstual saat di lapangan untuk meningkatkan kompetensi siswa secara utuh, siap kerja, atau menciptakan lapangan kerja baru.

Magang merupakan salah satu kegiatan yang mampu mendorong siswa untuk merasakan proses penerapan keilmuan atau kompetensi yang diperoleh selama menjalani masa pendidikan di dunia kerja secara langsung. Mahasiswa juga akan memahami sistem kerja profesional di dunia industri.

Mengingat sulitnya menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan berkualitas di Indonesia, maka program magang di dunia Industri berusaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan cara meningkatkan mutu pendidikan dan menyediakan sarana-sarana pendukung agar dihasilkan lulusan yang berkualitas baik dan handal.

BACA JUGA: Di Tasikmalaya, Petugas KPPS Meninggal saat Penghitungan Suara

Dalam program ini, peserta dilatih untuk memiliki kemampuan komunikasi, terbiasa bekerja sama dengan waktu, manajemen waktu yang baik, tanggung jawab yang tinggi, dan memahami etika profesi. Peserta magang didorong untuk meningkatkan pengembangan, kemampuan analisis perencanaan, kreativitas, dan juga kemampuan evaluasi acara. Selama program ini, peserta magang mendapat pengalaman dan juga pembelajaran yang mendorong kompetensi dan kesiapan dalam menghadapi dunia kerja profesional.

Pengalaman dan kompetensi sebagai bekal berkompetensi di masa depan
Mahasiswa lulusan MSIB, magang khususnya, terbentuk kharakter keberlanjutan. Dalam kesempatan ini, Penulis diberikan kesempatan untuk dapat memimpin dan bertanggung jawab pada setiap acara yang diberikan pada penulis.

Kegiatan magang menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang kerja di tempat Magang. Saya berkesempatan menerapkan teori-teori yang sudah didapat selama perkuliahan di dunia kerja. Disini kami melatih disiplin, rasa tanggung jawab dan sikap profesional dalam bertugas dengan tim atau mandiri sehingga menambah pengalaman.

Selama berkegiatan dan berinteraksi dengan kolega, semua peserta ikut merasakan serta berpartisipasi sejauh mana proses komunikasi pemasaran dalam penyelenggaraan berbagai acara. Sehingga peserta dapat mengetahui lebih jauh sejauh mana cara kerja dan tata pamong pada setiap kegiatan Perusahaan. Singkatnya, semua peserta kegiatan MSIB Merdeka Belajar Kampus Merdeka dilatih kerja sama dan koordinasi tim yang baik selama bekerja pada sebuah organisasi atau Perusahaan.

BACA JUGA: Eddy : Kadishub Motornya Tranportasi yang Berkeselamatan Open Bidding Kadishub Cirebon Disikapi Advokat LLAJ

Meningkatkan kepercayaan diri lapangan kerja
Dengan bekal pengalaman Magang, pelajar seperti saya tumbuh optimistis dan kepercayaan diri menyongsong pasar kerja dan buka usaha. Melatih penulis untuk lebih kreatif, komunikatif serta bersifat kooperatif dalam menghadapi dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan di kerja lingkungan.

Kenapa kepercayaan diri bisa tumbuh? Pengalaman saya membuktikan. Mahasiswa seperti saya diberikan kesempatan untuk berkomunikasi dan berdiskusi dengan pihak kedua untuk mewakili perusahaan dalam proses menjalin kerja sama sebagai sponsor acara yang perusahaan selenggarakan. Kami berhasil bekerja sama dengan beberapa pihak diantaranya Info Endorse, Skk Gantou Unp, Kejar Mimpi Jakarta, dan Young On Top. Tentu saja, dengan bekal kompetensi magang ini meningkatkan peluang dalam perolehan karir setelah lulus dari perguruan tinggi.

Pekerjaan rumah pelajar, PT, dan Pemerintah
Sekrang saatnya pelajar mempersiapkan diri dan mengambil kesempatan yang tidak akan berkencan dua kali. Sementara PT (UGJ) khususnya harus memberikan informasi dan pelayanan administrasi agar banyak mahasiswa yang lolos. Syukur-syukur ada MSIB mandiri. Sedangkan pemenrintah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Pendidikan Tinggi, diharapkan memberikan lebih banyak kesempatan PT dan Mitra untuk saling bekerja sama mempersiapkan generasi yang unggul. Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala meridhoi Langkah kita semua. Aamiin.

*Penulis adalah  Juara 1 Lomba Menulis Esai di Fakultas Pendidikan dan Sains   mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UGJ Cirebon, Alumni Magang Kampus Merdeka di PT Vocasia

BACA JUGA: 36 Tahanan di Rutan Polresta Cirebon Ikuti Pencoblosan Pemilu 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: