Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Masalah pada Ginjal Anda

Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Masalah pada Ginjal Anda

Masalah pada Ginjal-Foto : new.yesdok.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Ginjal punya banyak peran penting dalam tubuh kita. Mulai dari memproduksi hormon yang membantu mengontrol tekanan darah, menyaring darah, menjaga keseimbangan air, garam, dan mineral, hingga membuang limbah dan air berlebih dalam bentuk urine.

Banyak sekali kan tugas ginjal untuk menjaga keberlangsungan hidup kita? Maka dari itu, kita perlu menerapkan pola hidup sehat agar ginjal bebas dari masalah. 

Ada beberapa kebiasaan yang yang ternyata buruk untuk kesehatan ginjal kita, antara lain:

1. Konsumsi minuman beralkohol

Bila sering mengonsumsi minuman dengan kadar alkohol tertentu berlebihan setiap hari, kamu dua kali bisa berisiko terkena penyakit gagal ginjal kronis. alkohol menyebabkan perubahan fungsi ginjal dan menghambat kemampuannya dalam menyaring darah.

BACA JUGA:Pencarian Korban Tenggelam di Sungai Panarikan Indramayu Berlanjut, Tim SAR Gabungan Lakukan Penyisiran

Alkohol juga mempengaruhi tekanan ginjal yang akhirnya bisa mengganggu fungsi ginjal itu sendiri. Jika kamu punya kecenderungan untuk tidak bisa berhenti minum alkohol, segera cari bantuan medis agar ginjalmu membaik.

2. Konsumsi obat penghilang rasa sakit berlebihan

Obat pereda nyeri seperti  non steroidal anti-inflammatory drug (NSAID) dan analgesik jika dikonsumsi secara berlebihan bisa membahayakan ginjal. 

Meskipun kegunaannya baik, jika diminum secara terus menerus bisa berpotensi menyebabkan kanker ginjal.

Jika kamu ingin minum obat pereda nyeri, pastikan kamu minum sesuai dengan dosis yang ditentukan atau cari alternatif lain obat lain yang lebih aman untuk ginjal dengan konsultasi pada dokter. 

BACA JUGA:Real Count KPUTerbaru Sudah 66,61 Persen, Prabowo Subianto Kian Kukuh, Unggul 57,95 Persen

3. Kurang minum air

Kurangnya minum air bisa menghambat proses ginjal membersihkan natrium dan racun di tubuh kita. Dehidrasi mengakibatkan produksi urin bercampur dengan konsentrasi mineral dan limbah yang tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: