Ini 5 Olahraga yang Aman untuk Pengidap Radang Sendi

Ini 5 Olahraga yang Aman untuk Pengidap Radang Sendi

Ini 5 Olahraga yang Aman-Foto : www.honestdocs.id-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM  Artritis atau juga dikenal sebagai radang sendi, adalah kondisi medis yang ditandai oleh adanya peradangan atau iritasi pada satu atau lebih sendi tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan sendi menjadi kaku, nyeri, dan sulit untuk digerakkan. 

Radang sendi biasanya menyerang para lanjut usia. Akan tetapi tidak dipungkiri apabila usia muda juga mengidap penyakit ini, terutama bagi yang memiliki riwayat cedera sendi akibat kecelakaan

Penyebab radang sendi biasanya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Osteoarthritis adalah peradangan sendi yang paling sering dijumpai.

BACA JUGA:HOGIDENT: Produk Lokal Pertama di Indonesia, Perekat Gigi Palsu Bertahan Hingga 20 Jam

Peradangan ini terjadi karena elastisitas tulang rawan yang telah menurun sehingga membuat tulang tersebut jauh lebih rentan.

Sedangkan  rheumatoid arthritis meskipun belum diketahui penyebabnya secara pasti, tetapi biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik.

Olahraga yang Dianjurkan bagi Pengidap Radang Sendi

Radang sendi membuat pengidapnya mengalami keterbatasan dalam bergerak, namun bukan berarti menjadi penghalang untuk melakukan olahraga, ya! Olahraga yang dianjurkan untuk pengidap radang sendi biasanya adalah olahraga ringan dengan porsi yang tidak berlebihan, contohnya:

1. Berenang

Berenang merupakan olahraga air yang cocok untuk pengidap radang sendi karena daya apung air membuat tubuh menjadi lebih ringan dan mudah digerakkan. 

Olahraga ini Aktivitas ini juga membantu mempertahankan kelenturan sendi tanpa memberikan tekanan berlebihan pada persendian, mengurangi ketegangan otot, dan membuat tubuh lebih lentur secara keseluruhan.

Mau tahu obat-obatan yang ampuh untuk mengatasi radang sendi? Baca di artikel ini: “Ini Daftar Obat Radang Sendi yang Ampuh Redakan Gejala Nyeri”

2. Bersepeda

Ketika bersepeda, lutut aktif bergerak untuk mengayuh pedal. Aktivitas ini cocok untuk pengidap radang sendi karena menguatkan dan meregangkan otot di sekitar kaki. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: