8 Nama-Nama Sayuran yang Menyehatkan dan Wajib Dikonsumsi

8 Nama-Nama Sayuran yang Menyehatkan dan Wajib Dikonsumsi

Nama-Nama Sayuran yang Menyehatkan-Foto : fimela.com-radarcirebon.com

Kangkung menjadi salah satu sayuran yang tidak kenal musim dan mudah ditemukan. Sayuran ini juga cukup terkenal di wilayah Asia lainnya, seperti Vietnam, Malaysia, hingga Filipina. Selain rasanya yang lezat, sayuran ini juga sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai menu makanan.

Kangkung adalah sayuran semi akuatik yang dapat tumbuh dengan mudah tanpa pengawasan yang ketat. Hampir semua bagian dari kangkung bisa dinikmati, mulai dari daunnya hingga batangnya.

Jangan ragu untuk memasukkan kangkung sebagai menu makanan anak sehari-hari. Pasalnya, sayuran ini mengandung banyak nutrisi yang bisa membantu ibu untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk pertumbuhan anak.

Sayuran ini memiliki kandungan kalori dan lemak cukup rendah. Selain itu, sayuran tersebut juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi, bahkan kangkung dikenal memiliki kandungan antioksidannya yang cukup tinggi.

100 gram kangkung mengandung 2,6 gram protein dan 2,1 gram serat. Kangkung juga mengandung beberapa mineral, seperti kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, selenium, dan zink.

5. Kelor

Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan yang berasal dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain seperti limaran dan moringa.

Kelor adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan kondisi panas ekstrim.

Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan. Tanaman tersebut umumnya digunakan sebagai pangan dan obat-obatan di Indonesia. Biji kelor juga digunakan sebagai penjernih air skala kecil.

Jika dilihat dari fungsinya secara tradisional, daun kelor telah banyak dipakai untuk jamu, suplemen, hingga suplemen.

Tidak hanya itu, banyak pula orang-orang yang menggunakan tanaman ini untuk bahan makanan, terutama ibu menyusui untuk membantu meningkatkan produksi air susu ibu (ASI). Daun ini juga dipercaya mampu memerangi diabetes, infeksi, nyeri sendi, bahkan hingga kanker.

Sekitar 2 gram daun kelor, terdapat setidaknya terdapat 14 kalori dan nutrisi lain berupa karbohidrat, protein, zat besi, kalium, magnesium, vitamin C, vitamin A, kalsium, dan asam folat.

Selain itu, terdapat pula serat, vitamin B, fosfor, tembaga, zink, dan selenium. Tidak lupa, ada kandungan antioksidan dalam daun kelor, salah satunya polifenol.

6. Kentang

Kentang (Solanum tuberosum) dikenali orang sebagai makanan pokok di luar negeri. Ini dikarenakan kentang mengandung karbohidrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: