8 Nama-Nama Sayuran yang Menyehatkan dan Wajib Dikonsumsi

8 Nama-Nama Sayuran yang Menyehatkan dan Wajib Dikonsumsi

Nama-Nama Sayuran yang Menyehatkan-Foto : fimela.com-radarcirebon.com

Sawi adalah kelompok tumbuhan dari genus Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain.

Penyebutan sawi di Indonesia biasanya mengacu kepada sawi hijau (Brassica rapa kelompok parachinensis, yang disebut juga sawi bakso, caisim, atau caisin).

Selain itu, terdapat pula sawi putih (Brassica rapa kelompok pekinensis, disebut juga petsai) yang biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan.

Jenis lain yang kadang-kadang disebut sebagai sawi hijau adalah sesawi sayur (untuk membedakannya dengan caisim).

Studi yang secara khusus menjelaskan tentang manfaat mengonsumsi sawi secara spesifik memang bisa dibilang masih begitu terbatas.

Namun, kandungan nutrisi yang ditemukan di dalam sayuran satu ini telah terbukti sangat efektif untuk kesehatan.

Kandungan beta karoten dan flavonoid dalam sayur ini telah dihubungkan dengan menurunnya risiko pengembangan dan kematian yang terjadi karena penyakit jantung, seperti yang disebutkan dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Clinical Nutrition ESPEN.

Sementara itu, studi lain yang diterbitkan di dalam JRSM Cardiovascular Disease menyebutkan jika asupan sayuran hijau yang tinggi membantu menurunkan risiko penyakit jantung hingga 15%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: