Dinkes Komitmen Turunkan Angka Stunting

Dinkes Komitmen Turunkan Angka Stunting

FPD: Kepala Dinkes Maria Listiawaty, membuka Forum Perangkat Daerah (FPD) Rencana Kerja Dinkes Kota Cirebon Tahun 2025, Selasa (27/2). -SENO DWI PRIYANTO-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Menurunkan angka stunting, menjadi salah satu program prioritas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, untuk tahun anggaran 2025.

Hal ini, melanjutkan program prioritas tahun 2024. Disamping stunting, menurunkan angka TBC dan meningkatkan kompetensi kader posyandu, menjadi kegiatan yang akan berjalan tahun depan.

Kepala Dinkes Kota Cirebon dr Hj Siti Maria Listiawaty MM mengatakan, Indonesia peringkat kedua stunting tertinggi di dunia.

Karena itu, menurunkan angka stunting menjadi program nasional. “Menurunkan angka stunting, menjadi komitmen bersama,” ucapnya. Berbagai upaya nyata yang dilakukan Dinkes dalam menurunkan stunting, diantaranya dengan memberikan makanan bergizi pada ibu hamil.

BACA JUGA:Ketahui Manfaat Makan Buah dan Sayur Saat Puasa

Karena, lanjut Maria, upaya terbaik mencegah stunting atau gangguan pertumbuhan akibat kurang gizi, dilakukan sejak anak dalam kandungan.

“Seluruh puskesmas di Kota Cirebon ada USG untuk pemeriksaan ibu hamil. Itu upaya menangani dan mencegah ibu hamil dan balita gizi kurang,” terangnya.

Disamping itu, Dinkes melakukan deteksi dini anak gizi buruk di posyandu. Termasuk pula, menggelar kegiatan RSBM dengan menghadirkan dokter spesialis anak di puskesmas.

Hal ini, agar penanganan anak gizi buruk, lebih optimal dan komprehensif. Pemberian PMT pemulihan kepada ibu hamil dan balita gizi buruk, terus dilakukan. Termasuk pula, kata Maria, peningkatan kompetensi kepada petugas puskesmas dan kader posyandu. (ysf)

BACA JUGA:Setelah Dituntut Mundur, Kuwu Kuryati dari Surakarta Cirebon Kini Berurusan dengan Hukum

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: